Partisipasi pemilih melampaui target rata-rata sekitar 50 persen
Banjarmasin (ANTARA) - Partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada beberapa tempat pemungutan suara (TPS) melampaui target.

Pantauan di Banjarmasin, Rabu, partisipasi pemilih Pilkada 2020 di ibu kota provinsi tersebut seperti terlihat pada beberapa TPS Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan melampaui target rata-rata sekitar 50 persen.

Sebagai contoh TPS 36 RT 43, Kelurahan Pemurus Dalam hingga akhir pemilihan pukul 13.00 WITA, dari 403 pemilih yang datang/melakukan pencoblosan 297 orang atau sekitar 76 persen.

Sedangkan target sehubungan suasana pandemi COVID-19 hanya sekitar 60 sekian persen, ujar Ketua Panitia Pemungutan Suara Fajri.

Ia merinci, jumlah pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada TPS 36 Pemurus Dalam sebanyak 403 orang terdiri laki-laki 188 dan perempuan 215 orang.

"Kemudian yang datang ke TPS sebanyak 297 orang terdiri dari laki-laki 132 dan perempuan 165 orang," demikian Fajri.
Baca juga: Situasi kamtibmas Kalimantan Selatan kondusif saat Pilkada


Kondisi yang sama di atas target, juga terjadi di TPS 37, 28 dan TPS 35 Pemurus Dalam, yaitu berbeda berkisar antara satu sampai enam persen.

Perhitungan suara masih berlangsung sejak pukul 14.00 WITA sesudah petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) beristirahat makan siang dan melaksanakan Shalat Zuhur.

Pilkada 2020 di Kalsel selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur setempat, juga ada tujuh dari 13 kabupaten/kota di provinsi yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebut.

Kabupaten/kota di Kalsel yang menggelar Pilkada 2020, yaitu Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, kemudian Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.
Baca juga: Kalsel jamin pasien COVID-19 gunakan hak suara di Pilkada
Baca juga: TPS di Kalsel siap terapkan protokol kesehatan

Pewarta: Imam Hanafi/syamsuddin hasan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020