Ternate (ANTARA) - Polda), Maluku Utara menerjunkan 835 personelnya ke delapan kabupaten/kota untuk membangtu pengamanan selama Pilkada 9 Desember 2020.

"Personel Polda Maluku Utara yang dilibatkan dalam BKO pengamanan TPS, Dalmas Dit Samapta dan PHH Brimob itu sebanyak 835 personel," kata Kepala Polda Maluku Utara, Inspektur Jenderal Polisi Risyapudin Nursin, di Ternate, Jumat.

Baca juga: Brimob Polda Maluku gelar apel kesiapsiagaan pengamanan Pilkada

Ia menekankan kepada seluruh personel agar senantiasa mempertajam deteksi dini terhadap setiap perkembangan situasi yang berpotensi mengarah menjadi gangguan kamtibmas.

Ia memimpin langsung apel pergeseran pasukan/personel yang akan melaksanakan BKO pengamanan TPS, Dalmas Dit Samapta dan PHH Brimob Polda Maluku dalam rangka Pilkada 2020.

Baca juga: Brimob pengamanan Pilkada Papua Barat mulai digeser ke daerah

Pelaksanaan pilkada tahun ini berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya karena bertepatan dengan situasi pandemi Covid-19, sehingga wajib dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Ia menegaskan kepada seluruh personel Polda Maluku Utara beserta jajarannya wajib menjaga komitmen dan netralitas pada masa tenang maupun masa pemungutan suara.

Baca juga: Kapolda: Semua daerah penyelenggara Pilkada prioritas pengamanan

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020