Kemendikbud umumkan pemenang video pembelajaran pada masa pandemi

Kemendikbud umumkan pemenang video pembelajaran pada masa pandemi

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Kemendikbud, Dr Rachmadi Widdiharto MA. ANTARA/Indriani.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (GTK Dikdas) Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan mengumumkan pemenang video materi pembelajaran pada masa pandemi COVID-19.

“Untuk mencapai Visi Indonesia 2045, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang unggul berkompetensi global, berkarakter Pancasila, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, kebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis, maka transformasi pendidikan harus kita lakukan dengan berfokus pada keberhasilan peserta didik,” ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Iwan Syahril, di Jakarta, Rabu.

Iwan menyambut baik sayembara video pendek materi pembelajaran di tengah pandemi COVID-19 tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih dan selamat atas partisipasi aktif bapak/ibu guru terhadap acara Sayembara Video Pendek Materi Pembelajaran ini. Tetap semangat memberikan hal yang terbaik untuk generasi penerus bangsa,” ujar Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Kemendikbud, Dr Rachmadi Widdiharto MA.

Sayembara video tersebut mengangkat tema “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar” tersebut diselenggarakan untuk menyemarakkan peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020, yang diselenggarakan setiap tanggal 25 November.

Baca juga: Praktisi : perlu solusi efektif percepat jangkauan materi pembelajaran

Baca juga: 205 guru terlibat pembuatan 750 video pembelajaran sistem daring

Sayembara tersebut diperuntukkan bagi guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) lintas mata pelajaran. Pendaftaran video peserta dibuka mulai dari tanggal 12 Oktober hingga 20 November 2020, dilanjutkan penilaian video tanggal 21 November hingga 24 November 2020. Jumlah peserta yang mendaftarkan videonya sejumlah 1.491 orang, terdiri dari 869 guru SD dan 622 guru SMP.

Rachmadi mengatakan masa pandemi COVID-19, pendidikan jarak jauh dimana peserta didik terpisah dari guru dan pembelajarannya mengharuskan guru dan peserta didik menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain. Untuk itu perlu kreativitas guru dalam menghadirkan pembelajaran yang inovatif, menarik, dan efektif melalui pemanfaatan media pembelajaran seperti video.

Sebanyak lima pemenang sayembara materi pembelajaran terbaik jenjang SD yakni Retmaniar Karima dari SDN Sawahjoho 01 Batang, Lina Hasnawati dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Desi Arianto dari SD IT Nurul Huda Kediri, Dedek Kurniawan dari SDN 132409 Tanjungbalai, dan Devy Lorela dari SD An-Nisaa’ Tangerang Selatan.

Selanjutnya lima pemenang sayembara materi pembelajaran terbaik jenjang SMP yakni Suhardin dari SMPN 17 Kendari, Nuvis Melodiana Fitriyah dari SMP Negeri 4 Krul, Afif Abdillah dari SMP Al Hikmah Sidoarjo, Arum Puri Suryandari dari SMPN 23 Tangerang, dan Yudhia Andika dari SMP El-Maarif Boarding School Pasaman Barat.

Baca juga: Materi pembelajaran kreatif banyak diunduh siswa

Baca juga: LIPI berharap Kemendikbud terapkan materi pembelajaran kelautan

Pewarta : Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020