Masker disebut garda pertama
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kota Jakarta Selatan membagikan 13.140 masker kepada seluruh Unit Kerja Perangkat Daerah atau UKPD dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56, Kamis.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menjelaskan, penggunaan masker sudah sepatutnya dilakukan oleh semua masyarakat tanpa terkecuali.

"Masker disebut garda pertama dalam menangkap penyebaran COVID-19," kata Marullah.

Marullah menyebutkan, momentum HKN dapat membangun semangat dan tekad masyarakat untuk berjuang menyelamatkan bangsa dari wabah pandemi COVID-19.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk belajar bertanggungjawab terhadap kesehatan diri sendiri," katanya.

Marullah mengakui, pemakaian masker terus menerus menimbulkan ketidaknyamanan di kalangan masyarakat. Tetapi, ia menegaskan bahwa akan lebih tidak nyaman jika terkena COVID-19.

Ia mengatakan pola hidup di masa adaptasi kebiasaan baru mendorong adanya perubahan kebiasaan masyarakat dari kebiasaan lama menuju baru yang lebih sehat.

"Dengan menggunakan masker masyarakat dapat beraktivitas secara produktif dan aman dari COVID-19," ujar Marullah.

Kepala Sudin Kesehatan Kota Jakarta Selatan Moh Helmy menambahkan, peringatan HKN ke-56 kali ini dilakukan secara sederhana, dengan membagikan masker sebanyak 13.140 masker kepada seluruh UKPD di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Sebagai masker diberikan ke perwakilan Satpol PP, Sudin Perhubungan, Sudin Kominfotik, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dewan Masjid, TP PKK dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

"Sesuai teman HKN tahun ini, Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat. Setiap masker yang sudah diberikan, kami harapkan bisa digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan penggunaan masker yang baik dan benar," kata Helmy.

Baca juga: Menteri Kesehatan ajak warga disiplin jalankan protokol kesehatan
Baca juga: Kurangi penularan COVID-19, Pemkot Jaksel intensifkan uji usap

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020