Kami bersama IOF akan menggelar offroad yang melibatkan peserta dari Sumatera bagian selatan (Sumbagsel).
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng Indonesian Off-Road Federasi (IOF) dalam mempromosikan pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke negeri serumpun sebalai itu.

"Kami bersama IOF akan menggelar offroad yang melibatkan peserta dari Sumatera bagian selatan (Sumbagsel)," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat memimpin rapat rencana offroad di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan offroad berkolaborasi dengan IOF ini akan digelar di Pantai Jerangkat, Kabupaten Bangka Barat, sebagai langkah Pemprov Kepulauan Bangka Belitung untuk mempromosikan pariwisata di tengah pendemi COVID-19.

"Kegiatan ini nanti menjadi ajang promosi pariwisata Bangka Belitung. Tahap awal pesertanya dari Sumbagsel dulu namun, tidak menutup kemungkinan apabila ada peserta dari luar," ujarnya.

Baca juga: Banyuwangi dapat dana hibah pariwisata Rp10 miliar

Ia berharap kegiatan yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang, bisa menjadi titik awal kegiatan offroad rutin yang berskala nasional.

"Kegiatan ini tentunya memiliki dampak positif bagi pariwisata Bangka Belitung dan menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar. Lokasinya juga cukup representatif karena menyuguhkan pemandangan yang dapat dinikmati offroader," ujarnya.

Kadispora Provinsi Kepulauan Babel, Suharto mengatakan rencana kegiatan ini akan melalui rute DTW Telaga Tujuh dan berakhir di DTW Pantai Jerangkat.

"Secara geografis Bangka Barat ini dekat dengan Palembang dan memang sudah ada tersedia jalur transportasi sehingga, melalui kegiatan offroad sekaligus dapat memajukan pariwisata Bangka Belitung. Apalagi kita di sini sudah punya komunitas offroad," katanya.

Baca juga: Kemenparekraf optimalkan pariwisata domestik saat kontraksi ekonomi

Ia menambahkan selain menyalurkan hobi melalui rute yang memicu adrenalin, offroader juga memiliki misi yang kuat membantu pemerintah dalam mempromosikan dan mendongkrak potensi pariwisata di Bangka Belitung. Dengan konsep offroad tersebut harapannya, banyak peserta yang akan ikut.

"Jadi di sini kami bersinergi bersama komunitas dan masyarakat," ujarnya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020