Bandung (ANTARA News) - Penjualan buku panduan dan kumpulan soal Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) di Kota Bandung, mengalami peningkatan menjelang satu minggu pelaksanaan UN 2010 tanggal 22 Maret 2010 mendatang.

"Buku yang lagi laris itu buku soal UN untuk SMA. Sejak sebulan lalu, penjualan mulai meningkat,"kata pemilik kios buku di Jalan Palasari Bandung, Ahmad Subagja (38), Selasa.

Menurut Ahmad, dalam sehari dirinya bisa menjual 10 hingga 15 buku kumpulan soal dan panduan UN.

Ia menjelaskan, memang bila dibandingkan dengan harga buku pelajaran lainya, harga buku panduaan UN dan UASBN relatif lebih murah, yakni berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp50 ribu per ekslemplar, tergantung edisi dari buku tersebut.

Ia berharap, dengan adanya buku kumpulan soal dan panduan UN ini dapat memberi dampak positif bagi pelajar menjelang pelaksanaan UN.

Sementara itu, salah seorang siswa SMA yang ditemui saat membeli buku kumpulan UN, Latifah (17), mengatakan, dirinya sengaja membeli buku tersebut karena dirasakan akan membantu dan mendukung dirinya dalam menghadapi pelaksanaan UN.

"Adanya buku kumpulan soal UN sangat membantu sekali ya. Soalnya buku ini seperti ajang latihan buat kita dalam menghadapi pelaksanaan Un." ujar Latifah.

Berdasarakan Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan Nasional No 74 dan 75 tahun 2009 tentang UASBN SD/MI serta Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMK Tahun Pelajaran 2009/2010, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sekolah dipercepat menjadi minggu ke-3 Maret 2009. (ASJ/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010