Mamuju (ANTARA News)-Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Kepala Stasiun Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Majene, Edy Sofyan, Senin, mengatakan, gempa berkekuatan 5,4 SR tersebut terjadi sekitar pukul 18,52 WIB.

Ia mengatakan, lokasi gempa yang dirasakan getarannya di dua Kabupaten yang ada di Provinsi Sulbar yakni di Kabupaten Majene dan Mamuju berada disekitar 3,47 lintas selatan dan berada pada 118,52 bujur timur atau sekitar 50 kilometer diperairan Kecamatan Malunda Kabupaten Majene.

Menurut dia, pusat gempa tersebut berada pada kedalaman sekitar 13 kilometer dibawah laut perairan Majene, gempa ini merupakan gempa pergeseran lempengan tanah atau sering disebut spreading.

Sementara itu warga di Kota Mamuju sempat panik dengan goncangan gempa berkekuatan 5,4 SR tersebut, karena mengira akan terjadi tsunami.

"Warga berlarian kerumah mereka khwatir terjadi tsunami karena goncangannya cukup keras dirasakan warga sekitar,"kata Tuti salah seorang warga. (ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010