Tugas dalam menjaga kawasan perbatasan negara (Indonesia-Malaysia) suatu tugas kehormatan
Pontianak (ANTARA) - Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas yang dipimpin Letkol Inf Alim Mustofa menyatakan kesiapannya dalam menjaga kawasan perbatasan darat Indonesia (Kalimantan Barat)-Malaysia.

"Tugas dalam menjaga kawasan perbatasan negara (Indonesia-Malaysia) suatu tugas kehormatan bagi kami TNI-AD," kata Alim Mustofa dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas menggantikan Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang di bawah pimpinan Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, di Pos Kotis Gabma Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalbar.

Alim Mustofa menambahkan, proses serah terima telah mereka lakukan, sehingga dengan resmi, kini pihaknya sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia sektor barat Provinsi Kalbar selama sembilan bulan ke depannya.

Letkol (Inf) Alim Mustofa sebagai Dansatgas Pamtas baru mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru atas dedikasinya dalam menjaga dan mengamankan kawasan perbatasan.

"Keberadaan TNI di perbatasan bukan hanya sekadar melaksanakan tugas pokok sebagai penjaga perbatasan, namun juga turut serta dalam pembangunan wilayah perbatasan," ujarnya.

Bersama-sama dengan pihak terkait, pihaknya siap bekerjasama, baik itu pemerintah daerah, Polri, PLBN, dan utamanya penduduk setempat agar rasa kecintaan dan nasionalisme kepada NKRI semakin kuat, katanya.

"Semoga kehadiran kami Satgas Pamtas Yonif 642/Kps dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat perbatasan, dan kami akan memberikan pengabdian yang terbaik sebagai pasukan penjaga perbatasan RI-Malaysia," ujarnya pula.

Sebelumnya, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono selaku Dansatgas lama berpesan kepada para Satgas Pamtas Yonif 642/Kps selaku satgas pengganti, untuk menghormati adat istiadat yang berlaku, menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, dan menjaga sinergitas antarinstansi serta melanjutkan kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan Yonif R 641/Bru dalam menjaga kawasan perbatasan.
Baca juga: Satgas Pamtas amankan ribuan tablet obat ilegal asal Malaysia
Baca juga: TNI penjaga perbatasan RI-Malaysia sita 29 karung pakaian bekas

Pewarta: Andilala
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020