Jakarta (ANTARA) - Puluhan siswa di Kelurahan Karet Kuningan, Jakarta Selatan, mendapatkan akses jaringan internet gratis untuk mendukung kegiatan belajar mengajar jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 selama setahun.

Lurah Karet Kuningan, Endang Effendi di Jakarta, Selasa, mengatakan akses internet gratis dapat diakses oleh siswa dari semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA/SMK.

"Akses internet gratis ini menjadi solusi bagi siswa yang terbatas akses internetnya," kata Endang.

Menurut Endang, ketersediaan jaringan internet gratis ini merupakan kerja sama Kelurahan Karet Kuningan dengan sektor swasta, yakni Biznet.

Layanan internet gratis ini dapat diakses oleh para siswa di Aula Kantor Kelurahan Karet Kuningan, dengan catatan 25 siswa setiap hari dan selama dua jam sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan.

"Hari ini siswa dari lima RW, mereka terdiri dari siswa SD, SMP, SMK, datang ke aula kelurahan, dibagi waktunya itu semuanya dua jam," ujarnya.

Endang menegaskan, tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh di area kelurahan, karena sudah ada kualifikasi bagi para siswa yang dapat mengakses layanan internet gratis tersebut.

Ia menjelaskan teknis siswa yang ingin mengakses layanan internet gratis dapat mendaftarkan diri melalui "scan barcode" yang telah ditentukan oleh kelurahan, kemudian hasil pemindaian akan menunjukkan formulir yang akan diisi siswa.

"Ada barcode biar siswa yang mengisi, sekaligus meninimalisir tatap muka. Data diri siswa tercatat melalui formulir dan akan menjadi identitas mereka. Setelah itu baru bisa belajar ke aula," ujar Endang.

Selama pembelajaran jarak jauh di Aula Kantor Karet Kuningan, para siswa juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak fisik saat belajar di ruangan.

Internet gratis kerja sama Kelurahan Karet Kuningan dan Biznet berlangsung selama satu tahun, terhitung mulai 13 September 2020 hingga 14 September 2021.

Baca juga: Pohon beringin tumbang timpa mobil mewah di Pasar Minggu
Baca juga: Alat berat terguling timpa pagar JPO Kampung MelayuBaca juga: 1.570 meter kubik sampah diangkat dari Pintu Air Manggarai

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020