Empat bakal pasangan calon sudah mendaftar dan status diterima semua.
Pontianak (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat Musa Jairani mengatakan pada masa pendaftaran 4-6 September 2020 yang telah berlangsung terdapat empat bakal pasangan calon yang mendaftar dalam Pilkada Bengkayang.

"Empat bakal pasangan calon sudah mendaftar dan status diterima semua. Pendaftaran kita buka selama tiga hari sesuai dengan regulasi. Penutupan pendaftaran hingga pukul 00.00 WIB kemarin," ujar Musa, saat dihubungi di Bengkayang, Selasa.

Empat bakal pasangan calon yang mendaftar terdiri dari pasangan Herman Ivo-Yohanes Pasti, dan Martinus-Carlos Dja'afara, Mok Fo Tjhiu yang lebih dikenal Andi Max-Aliong, dan Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal.

Musa menjelaskan bahwa dari bakal pasangan calon yang melakukan pendaftaran tidak ada yang belum lengkap persyaratan atau karena masalah lain seperti mundur dari ASN.

"Semua sudah lengkap, dan akan diverifikasi, setelah ada hasilnya akan disampaikan," ujar dia pula.

Musa juga menjelaskan, selama pendaftaran bakal pasangan calon tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19 secara ketat.

"Protokol kesehatan diterapkan maksimal, dan tidak ada yang melanggarnya. Untuk verifikasi berkas syarat calon dilakukan sesuai jadwal 4-12 September 2020," kata dia lagi.
Baca juga: Pasangan Andi Max-Aliong mendaftar di KPU Bengkayang


Empat kandidat ini akan siap bertarung dalam Pilkada Bengkayang 2020 masing-masing memiliki jargon politik yang berbeda-beda.

Pasangan Herman Ivo-Yohanes Pasti contohnya memiliki jargon "Ivo Pasti Menang". Pasangan tersebut diusung dua partai politik yakni Partai Demokrat dan PKB.

Sedangkan untuk pasangan Martinus-Carlos Dja'afara atau disebut MC memiliki jargon Bangkit, Maju, Hebat. Bakal pasangan calon tersebut diusung PDIP dan Partai NasDem serta didukung tujuh partai lainnya, yaitu PPP, PAN, PKS, PKP, PSI, Berkarya, dan Gelora. Taglinenya Kerja Keras, Kerja Ikhlas, Kerja Tuntas.

Kemudian pasangan Darwis-Rizal diusung Partai Gerindra dan Golkar, dengan jargon SDM Unggul, Bengkayang Mantap.

Terakhir adalah pasangan Mok Fo Tjhiu-Aliong yang diusung Partai Hanura dan Perindo. Mox Fo Tjhiu atau dikenal Andi Max merupakan pengusaha di Kabupaten Bengkayang.
Baca juga: KPU Bengkayang: Beberapa kegiatan tahapan Pilkada dilakukan virtual
Baca juga: KPU Bengkayang tunda dua tahapan Pilkada 2020 karena COVID-19

Pewarta: Dedi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020