Jember, Jawa Timur (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan memberikan rekomendasi kepada Abdussalam dan Ifan Ariadna untuk menjadi bakal calon bupati dan wakil bupati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jember yang akan digelar 9 Desember 2020.

"Rekomendasi tersebut keluar setelah melalui proses yang panjang dan akhirnya secara resmi diumumkan bahwa PDIP mengusung pasangan bakal calon Abdussalam sebagai bupati dan Ifan Ariadna sebagai wakil bupati di Pilkada Jember," kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Jember Widarto di Jember, Rabu.

Menurutnya pasangan tersebut sangat membanggakan karena masih muda, sehingga memiliki semangat dan inovasi untuk memajukan Kabupaten Jember karena selama ini Jember tertinggal jauh dengan kabupaten lain.

"Sudah saatnya Jember memiliki pemimpin yang energik dan inovatif, sehingga diharapkan dengan pengalaman dan pengawalan berbagai pihak bisa mewujudkan tata pemerintahan yang baik di Jember," tuturnya.

Ia menjelaskan rekomendasi tersebut tidak jatuh pada kader PDI Perjuangan yang ikut mendaftar saat proses penjaringan karena banyak pertimbangan dan pilkada itu bukan hanya untuk PDIP, namun masyarakat Jember.

"Ada kepentingan yang lebih besar untuk masyarakat Jember, sehingga kader partai harus siap mengawal dan memenangkan bakal cabup-cawabup yang sudah mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan," katanya.

Saat ditanya terkait dengan koalisi, Widarto mengatakan PDI Perjuangan sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik yang lebih dulu mengusung pasangan Abdussalam-Ifan Ariadna di Pilkada Jember yakni Golkar dan Partai Berkarya.

"Sampai sekarang koalisi partai yang sudah terbangun yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Berkarya yang total kursinya sebanyak 10 kursi," ujarnya.

PDI Perjuangan memiliki tujuh kursi di DPRD Jember, kemudian Partai Golkar dua kursi dan Partai Berkarya satu kursi, sehingga totalnya 10 kursi dan sesuai dengan ketentuan bahwa syarat untuk mendaftarkan pasangan bakal cabup-cawabup minimal 10 kursi, sehingga sudah memenuhi syarat untuk mendaftar ke KPU.

Informasi yang dihimpun Antara, sudah ada tiga pasangan bacabup-cawabup yang akan maju di Pilkada Jember baik melalui parpol maupun jalur perseorangan yakni petahana Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto, Hendy Siswanto-Balya Firjaun Barlaman, dan Abdussalam-Ifan Ariadna.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020