Petugas Damkar Tambora ikuti latihan evakuasi korban tenggelam

Petugas Damkar Tambora ikuti latihan evakuasi korban tenggelam

Para anggota pemadam kebakaran sektor Tambora, Jakarta Barat, melaksanakan latihan evakuasi korban tenggelam di Waduk Grogol Jakarta, Rabu (2/9/2020). (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Barat)

Jakarta (ANTARA) - Puluhan petugas pemadam kebakaran (Damkar) sektor Tambora, Jakarta Barat, mengikuti latihan evakuasi korban tenggelam agar keterampilannya semakin bertambah.

"Ada 43 anggota yang mengikuti pelatihan ini yang tujuannya untuk menambah keterampilan anggota, khususnya dalam mengevakuasi orang tenggelam maupun mengevakuasi korban banjir," kata Kasie Operasional Damkar Jakarta Barat Eko Sumarno, di Jakarta, Rabu.

Dijelaskan, latihan tersebut dilaksanakan sejak Senin (31/8) setiap pagi, dengan menyusuri Waduk Grogol menggunakan perahu karet berwarna merah dan biru, khas warna kebesaran Damkar.

Mereka berlatih setiap pagi dari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB.

Disebutkan juga, alasan pelatihan tersebut dikarenakan di wilayah Tambora, tepatnya di aliran Banjir Kanal Barat (BKB), sering terdapat korban tenggelam yang membutuhkan petugas Damkar dan tim percarian, pertolongan dan penyelamatan (SAR) gabungan.

Pelatihan evakuasi tersebut dilakukan secara mandiri, dengan tujuan para anggota agar semakin terampil dalam evakuasi korban tenggelam.

"Kegiatan ini non anggaran, murni swadaya Kasie Sektor Tambora yang ingin anggota lebih terampil, karena kita tahu petugas Damkar saat ini tak hanya fokus menangani kebakaran, namun juga siap sedia membantu masyarakat di segala hal," ujar Eko.
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020