Sejumlah 2.417 peserta SMMPTN lulus masuk Unsyiah

Sejumlah 2.417 peserta SMMPTN lulus masuk Unsyiah

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 2.417 dari 8.799 peserta yang ikut Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) tahun 2020 dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh.

“Pengumuman hasil SMMPTN telah diumumkan pada 30 Agustus 2020 lalu melalui laman https://smmptn.unsyiah.ac.id/ dan https://pengumuman.smmptnbarat.id/ dan peserta yang lulus tersebut tersebar di 12 fakultas yang ada di Unsyiah,” kata Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Senin.

Ia menyebutkan peserta SMMPTN yang lulus tersebut terdiri dari sebanyak 1.149 orang lulus di bidang Sains dan Teknologi (Saintek) dan 1.268 orang lulus di bidang Sosial dan Humaniora (Soshum).

Ia menjelaskan Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SMMPTN dapat mengikuti beberapa tahapan penting seperti pengisian biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) melalui laman www.uktb.unsyiah.ac.id, Orientasi Sistem Informasi Kampus (Osimpus), tes kesehatan, pemotretan kartu mahasiswa, kelas perpustakaan, dan verifikasi data akademik lainnya.

Baca juga: Unsyiah bangun rumah layak huni untuk keluarga kurang mampu

Baca juga: Rektor: Batas pendaftaran SMMPTN 22 Agustus


“Tahapan ini wajib diikuti peserta sebagai persyaratan pendaftaran ulang sebelum memulai perkuliahan,” kata Prof Samsul.

Pendaftaran ulang dan pembekalan mahasiswa baru tahun ini akan berbeda dari biasanya, di mana Unsyiah akan meminimalisir tatap muka langsung dan lebih mengutamakan pertemuan secara daring yang bertujuan menekan penyebaran COVID-19 yang semakin masif di Aceh.

“Kuliah perdana mahasiswa baru akan berlangsung pada 14 September 2020 yang akan dilakukan secara video conference Zoom dan Orientasi Informasi Kampus (Osimpus) dan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) juga dilakukan secara daring. Kedua pembekalan ini akan berlangsung dengan jadwal berbeda.

“Mahasiswa dapat memantau website https://orientasionline.unsyiah.ac.id/ dan melakukan pendaftaran Pakarmaru melalui https://pakarmaru.unsyiah.ac.id/,” katanya.

Rektor berharap mahasiswa baru agar selalu meng-update informasi melalui website dan media sosial Unsyiah, sebab masing-masing pembekalan tersebut memiliki jadwal dan alur berbeda.

“Kami juga meminta mahasiswa untuk memantau informasi melalui www.unsyiah.ac.id atau menghubungi ke nomor 08116701962 (ULT Unsyiah) dan 08116752000 (Humas Unsyiah),” katanya.*

Baca juga: ARC Unsyiah luncurkan produk inovasi baru nilam

Baca juga: Unsyiah-Pelindo I Jalin kerja sama bidang pendidikan
Pewarta : M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020