Unsyiah bangun rumah layak huni untuk keluarga kurang mampu

Unsyiah bangun rumah layak huni untuk keluarga kurang mampu

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal menyerahkan bantuan satu unit rumah layak huni tipe 36 kepada keluarga kurang mampu di Limpok, Aceh Besar, Kamis (27/8/2020).

Aceh Besar (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Prof Samsul Rizal menyerahkan satu unit rumah tipe 36 plus untuk keluarga kurang mampu yang dibangun dari donasi tenaga kependidikan di kampus tersebut.

“Rumah bantuan yang diserahkan kepada keluarga kurang mampu di Gampong Limpok, Aceh Besar, merupakan hasil donasi Tenaga Kependidikan (Tendik) Unsyiah dengan menyisihkan dana tunjangan kinerja sejak setahun yang lalu,” katanya di Aceh Besar, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela penyerahan langsung satu unit rumah bantuan tipe 36 plus kepada keluarga kurang mampu di Aceh Besar.

Ia menjelaskan dirinya sangat mengapresiasi langkah para tenaga pendidikan yang telah berinisiatif mengumpulkan dana untuk pembangunan rumah bantuan tersebut.

Baca juga: Rektor: Batas pendaftaran SMMPTN 22 Agustus

Baca juga: ARC Unsyiah luncurkan produk inovasi baru nilam


Menurut dia, langkah tersebut sejalan dengan upaya Unsyiah yang terus berusaha membangun kehidupan masyarakat ke arah lebih baik.

Ia berjanji akan lebih memperhatikan masyarakat sekitar kampus yang bukan hanya melakukan pembangunan fisik, tetapi juga memberdayakan kualitas SDM masyarakat melalui program kegiatan, seperti pembinaan desa maupun pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Unsyiah juga telah membuat kebijakan dengan mengumpulkan dan mengelola zakat dari seluruh pengawai.

Menurut Rektor, potensi zakat di Unsyiah sangat besar yang jika dikelola baik dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

“Nantinya fokus pemberdayaan di Limpok, Barabung, Rukoh, dan Tanjung Selamat yang merupakan desa terdekat dengan Unsyiah,” katanya.

Ia berharap dukungan dari seluruh masyarakat agar apa yang kita lakukan nanti berjalan baik,” kata Rektor.

Kepala Bagian Umum dan HTL Unsyiah yang juga koordinator donasi, Erwin mengatakan pembangunan rumah bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian tenaga pendidikan Unsyiah bagi warga sekitar kampus.

Inisiatif pengumpulan dana dimaksudkan untuk membantu warga yang mengalami kesulitan ekonomi, terlebih lagi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Ia mengatakan keluarga penerima manfaat tersebut sebelumnya menempati rumah gubuk yang dibangun seadanya yang ditempati seluruh anggota keluarga.

Ia berharap program pembangunan rumah bantuan tersebut dapat berlanjut di tahun depan dan menjangkau keluarga kurang mampu lainnya.

Keuchik Gampong Limpok, Mustafa Hamzah menyampaikan terima kasih kepada Unsyiah yang telah membantu salah satu warganya.*

Baca juga: Unsyiah-Pelindo I Jalin kerja sama bidang pendidikan

Baca juga: Peneliti Unsyiah teliti dampak abrasi dan banjir rob di Aceh Barat

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020