Denpasar (ANTARA) - Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan Kantor Wilayah DJBC Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulaiman, menyatakan bahwa Bali dan NTT berpotensi lebih besar menjadi pasar dalam peredaran rokok ilegal.

"Potensi masuknya rokok ilegal yaitu berasal dari Jawa Timur melalui Banyuwangi untuk wilayah Bali, kalau wilayah NTT bisa melalui jasa ekspedisi. Sebagian besar masih melalui jalur darat," kata Sulaiman selaku juru bicara Kanwil DJBC Bali, NTB, dan NTT, saat dikonfirmasi di Denpasar, Sabtu.

Baca juga: Bea Cukai gagalkan pengiriman 3,6 juta rokok ilegal tujuan Sumatera
Baca juga: Bea Cukai Kudus ungkap penjualan rokok ilegal secara daring


Ia mengatakan wilayah Bali dan NTT memiliki pemesan produk rokok ilegal yang dominan. Kata dia, wilayah tersebut sudah menjadi pasar, apalagi untuk di daerah-daerah, penjualan rokok ilegal pasti lebih murah.

"Selama akses ke Bali baik darat atau udara masih ada, masa pandemi ini tidak mempengaruhi, pasar di Bali masih ada. Begitu juga untuk daerah lain, hal ini dibuktikan bahwa masih ada penindakan terhadap peredaran rokok ilegal," jelasnya.

Sebelumnya, pada Jumat (14/8), Bea Cukai Bali-Nusra melalui operasi gempur melakukan penindakan terhadap 202.268 batang rokok, 88.188 gram tembakau iris, dan 10 botol liquid vape dengan berbagai merek dan ukuran, yang diduga melanggar ketentuan di bidang cukai.

Adapun nilai barang hasil penindakan tersebut mencapai Rp231.342.740, dengan potensi kerugian negara sebesar Rp91.590.034.

Ia menjelaskan yang dimaksud dengan pelanggaran ketentuan cukai adalah barang kena cukai (dalam hal ini rokok) yang tidak dilekati pita cukai, dilekati pita cukai palsu, dilekati pita cukai yang bukan haknya, serta dilekati dengan pita cukai yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Dalam rangka mencapai target rokok ilegal sebesar 3 persen pada tahun 2020, ada juga kegiatan persuasif berupa pemberian edukasi terkait ketentuan cukai dan sosialisasi mengenai barang kena cukai ilegal, kepada masyarakat umum dan para pelaku usaha.

"Kami berharap dengan upaya ini masyarakat menjadi lebih paham, tidak lagi mengkonsumsi rokok ilegal, dan mampu berperan secara aktif untuk memberikan informasi kepada Bea Cukai, jika ditemukan adanya rokok/barang kena cukai ilegal di daerahnya," jelas Sulaiman.

Baca juga: BNN-Bea Cukai tangkap lima mahasiswa pengguna ganja di Bali
Baca juga: Bea Cukai Bali Nusra gagalkan penyelundupan pakaian bekas


Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020