Kupang (ANTARA) - Kawasan Cagar Alam Wae Wuul di Desa Macan Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur terbakar pada Kamis (13/8) malam.

Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT, Timbul Batubara, ketika dihubungi  di Kupang, membenarkan adanya peristiwa kebakaran kawasan cagar alam tersebut.

Baca juga: Rumah bedeng TKI di Negeri Sembilan terbakar

“Yah betul, ada kebakaran di Cagar Alam Wae Wuul di Manggari Barat. Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman di lapangan dengan ekstra waspada,” katanya.

Ia mengatakan, informasi mengenai peristiwa kebakaran Cagar Alam Wae Wuul ini diperolehnya sekitar Pukul 22.00 WITA.

Berdasarkan informasi dari lapangan, kata dia, disampaikan bahwa titik api yang muncul berada di wilayah Wingkol, bagian barat kawasan cagar alam tersebut.

Timbul Batubara mengatakan, terkait penyebab kebakaran saat ini belum diketahui karena bisa dipastikan setelah dilakukan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket).

“Sementara petugas dari pemadam kebakaran kabupaten masih sibuk melakukan pemadaman dan setelah itu baru mereka pulbaket untuk diketahui penyebabnya,” katanya.

Ia menambahkan, kawasan Cagar Alam Wae Wuul dengan luas sekitar 3.000 hektare ini merupakan habitat satwa purba komodo (varanus komodoensis) maupun rusa, babi, kuda liar, dan lainnya.*

Baca juga: Situs resmi Pemprov Riau lumpuh terdampak kebakaran Gedung Telkom
Baca juga: Lahan di pinggir tol Palembang-Indralaya terbakar


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020