Aceh Besar (ANTARA) - Pemerintah Aceh membeli dua unit mobil PCR (Polymerase Chain Reaction) keliling dalam upaya memudahkan pemeriksaan COVID-19 dan memperoleh hasil dalam waktu singkat.

“Insya Allah mobil PCR milik Pemerintah Aceh akan segera tiba di Banda Aceh dalam waktu dekat,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan Mobil PCR keliling akan digunakan untuk memudahkan masyarakat Aceh yang hendak menjalani PCR atau tes usap (swab).

Baca juga: Pemkab Aceh Besar lakukan tes usap massal cegah penyebaran COVID-19

Baca juga: Balitbangkes Aceh sebut belum bisa tes usap portabel di perbatasan


Menurut Iswanto, pengoperasian mobil PCR akan lebih efisien dan memudahkan pemeriksaan masyarakat serta dapat memperoleh hasil dalam waktu singkat.

"Mobil ini Insya Allah akan mampu melakukan uji usap hingga seribu sampel dalam satu hari," kata Iswanto.

Dia juga menjelaskan,l pengadaan mobil PCR merupakan perintah langsung Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melalui Dinas Kesehatan Aceh dalam rangka menanggulangi kasus COVID-19 yang semakin tinggi di Aceh.

Berdasarkan data Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), hingga 8 Agustus 2020, jumlah kasus Covid-19 di Aceh secara akumulatif mencapai 547 orang, yakni sebanyak 378 orang dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan, 148 orang sudah sembuh, dan 21 orang meninggal dunia.*

Baca juga: Warga Banda Aceh diajak tak takut ikuti tes usap COVID-19

Baca juga: IDI sebut seluruh daerah di Aceh harus segera lakukan tes COVID-19

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020