Jayapura (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Masjid Raya Provinsi Papua KHAbdul Kahar Yelipele mengatakan bahwa umat Islam di Tanah Papua telah melaksanakan Shalat Idul Adha secara serentak dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Idul Adha ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan surat edaran dari pemerintah dan juga Tim Gugus Tugas Provinsi Papua dan Tim Kesehatan Provinsi Papua," katanya di Jayapura, Jumat.

Baca juga: Risma ajak warga berbagi di momen Idul Adha

Ia mencontohkan pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahim Provinsi Papua di Kota Jayapura, tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona sehingga pelaksanaannya berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

"Selain itu, kami juga menghimbau kepada kaum muslimin dan muslimat yang ada di tanah Papua bahwa prososes penyembelihan hewan kurban, harus tertib dan juga pada pelaksanaannya agar mengikuti prosedur atau protokol kesehatan" katanya.

Sedangkan untuk penyembelihannya dan juga pendistribusiannya, kata dia, harus ada tim-tim yang dikhususkan, kemudian di area penyembelihan hewan kurban itu hanya untuk panitia sehingga tidak membuat perkumpulan, agar bisa terhindar dari COVID-19.

"Mari kita menjaga kebersamaan, membangun harmonisasi, membangun komunikasi antara satu dan yang lain sehingga di tanah Papua ini tetap aman damai dan sejahtera. Sekali lagi saya mengucapkan selamat Merayakan hari Raya Idul Adha 1441 H/ 2020 M," katanya.

Baca juga: PHBI: Shalat id di Sulut hanya bagi masjid yang berprotokol COVID-19
Baca juga: Sapi kurban Bupati Bogor dipasangi masker
Baca juga: Idhul Adha, Masjid Istiqlal potong 36 hewan kurban pada Sabtu

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020