Solo (ANTARA) - Tim pemenangan pasangan bakal calon (Balon) dari perseorangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) menyerahkan 21.063 berkas syarat dukungan untuk perbaikan guna memenuhi kekurangan ke KPU Surakarta (Solo), Minggu.

Menurut Budi Yuwono selaku Tim Pemenangan Pasangan Bajo sebanyak 21.063 syarat dukungan berupa kartu tanda penduduk elektonik (e-KTP) dan bukti pernyataan dukungan bermaterai ke KPU sebagai pengganti 7.241 syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS) dalam proses verifikasi faktual (verfak) beberapa waktu lalu.

Budi Yuwono mengatakan jumlah dukungan tambahan yang diserahkan pasangan Bajo ke KPU Surakarta sebanyak 21.063 pendukung. Pendukung untuk memenuhi kekurangan syarat dukungan telah di-input dan online melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Baca juga: Tanggapan Gibran soal tuduhan politik dinasti
Baca juga: Respon Hasto soal Gibran akan melawan kotak kosong di Pilkada Solo
Baca juga: PDI Perjuangan ingatkan elit Demokrat tak campuri penetapan Gibran


"Kami berkas sudah diserahkan dan tinggal penghitungan pencocokan jumlah oleh KPU. Jumlah syarat dukungan tambahan yang kami serahkan lebih banyak dari yang ditetapkan oleh KPU," kata Budi.

Menurut dia, hasil verfak pendukung pasangan Bajo yang masuk memenuhi syarat (MS) sebanyak 28.285 pendukung, sedangkan tidak MS sebanyak 6.513 pendukung dari total yang lolos verifikasi administrasi sebanyak 35.241 pendukung.

Padahal, kata dia, sesuai dengan aturan KPU syarat dukungan bagi calon perseorangan minimal sebanyak 35.870 pendukung. Dengan demikian, pasangan Bajo harus melakukan perbaikan 7.241 berkas dukungan dua kali lipat, atau sebanyak 14.482 pendukung.

"Namun, Bajo sudah menyerahkan sebanyak 21.063 syarat dukungan ke KPU atau hampir tiga kali lipat dari yang telah ditetapkan oleh KPU. Jumlah itu, juga sebagai cadangan pendukung Bajo," katanya.

Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti saat dikonfirmasi soal tim pasangan Bajo yang menyerahkan berkas syarat dukungan dalam perbaikan membenarkan. KPU kini sedang melakukan pengecekan penghitungan dan pencocokan data.

"Jika cocok jumlah berkas pendukung Bajo, antara rekaman dengan surat pernyataan bermeterai yang disertai fotokopi identitas pendukung," kata Nurul

Menurut Nurul jika cocok KPU baru melakukan verifikasi administrasi terlebih dulu terhadap berkas dukungan tambahan Bajo tersebut. Setelah selesai semua dan melebihi jumlah yang ditetapkan KPU baru dilaksanakan verifikasi faktual (verfak) di lapangan.

Sebelumnya, KPU Surakarta menyebutkan hasil verifikasi faktual (verfak) syarat dukungan bakal calon perseorangan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) harus melakukan perbaikan minimal bisa mengumpulkan 14.482 pendukung pada Pilkada Serentak 2020.

Menurut Ketua KPU Nurul Sutarti pasangan Bajo dalam perbaikan syarat dukungan itu harus diserahkan berkasnya ke KPU pada tanggal 25 hingga 27 Juli mendatang. 
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020