Hari ini kita ketambahan 4 kasus baru
Gorontalo (ANTARA) - Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyatakan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di kabupaten tersebut hingga Minggu mencapai 52 jiwa.

"Hari ini kita ketambahan 4 kasus baru," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Rizal Yusuf Kune di Gorontalo, Minggu,

Penambahan kasus baru itu, kata dia, berasal dari satu klaster dengan sebaran di dua kecamatan yaitu Kecamatan Kwandang dan Anggrek.

Baca juga: Balik ke kampus, tes cepat digratiskan bagi mahasiswa Gorontalo Utara

Ia merinci total sebaran positif COVID-19 di daerah itu yaitu, Kecamatan Gentuma Raya 1 jiwa, Tomilito 1 jiwa berada di Rumah Sakit Darurat.

Kecamatan Kwandang sebanyak 24 jiwa, 12 jiwa di antaranya telah selesai menjalani masa isolasi, 2 jiwa dirawat di rumah sakit rujukan dan 10 jiwa sementara menjalani isolasi atau karantina mandiri.

Baca juga: Gorut zona hijau pascalima positif COVID-19 dinyatakan sembuh

Kecamatan Anggrek terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 24 jiwa, 3 jiwa selesai menjalani masa karantina dan 21 jiwa sementara diisolasi atau karantina mandiri.

Sementara di wilayah barat atau Kecamatan Sumalata, terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 2 jiwa dan telah selesai menjalani masa karantina.

"Alhamdulillah dari total 52 kasus, 4 kasus baru dan 48 kasus lama, tidak ada yang meninggal dunia," ucapnya.

Baca juga: Sekda Gorontalo Utara pantau simulasi normal baru di sekolah

Khusus pasien positif COVID-19 yang sementara melakukan karantina mandiri, mendapat pengawasan pihak puskesmas di masing-masing kecamatan.

Pihaknya berharap masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus corona jenis baru.

"Tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menghindari kerumunan dan tetap menjaga jarak," katanya.

Baca juga: Rachmat Gobel bantu dua bayi positif COVID-19 asal Gorontalo Utara

 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020