Anak-anak Indonesia untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan, yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker saat di luar rumah, dan di rumah saja serta menghindari kerumunan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju Erni Guntarti Tjahjo Kumolo berharap anak-anak Indonesia tetap sehat selama pandemi COVID-19.

"Selama pandemi COVID-19, saya berharap anak-anak tetap bergembira, bermain, dan belajar di rumah," katanya dalam acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2020 yang diadakan secara virtual yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Ia meminta anak-anak Indonesia untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan, yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker saat di luar rumah, dan di rumah saja serta menghindari kerumunan.

Peringatan Hari Anak Nasional 2020 mengambil tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan subtnea "Anak Indonesia Gembira di Rumah".

Karena pandemi COVID-19, acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2020 diadakan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga berharap acara yang dikemas secara daring bisa menjangkau lebih banyak anak di seluruh Indonesia.

"'Tagline 'Anak Indonesia Gembira di Rumah' sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen melaksanakan Hari Anak Nasional secara virtual tanpa mengurangi makna," katanya.

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2020 secara virtual melalui aplikasi Zoom diikuti 329 anak perwakilan dari 34 provinsi, 69 perwakilan Forum Anak, dan 44 penampil Konser Gembira di Rumah.

Sejumlah menteri dan pimpinan lembaga dilaporkan hadir secara virtual antara lain Menteri Kesehatan; Menteri Ketenagakerjaan; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi; Wakil Menteri Agama; Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional; Kepala Badan Pusat Statistik; Ketua Komisi Penyiaran Indonesia; Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia; dan Hakim Agung Mahkamah Agung. 

Baca juga: Anak-anak sampaikan aspirasi pada Hari Anak Nasional

Baca juga: Presiden dan Ibu Negara minta anak-anak terapkan protokol kesehatan

Baca juga: Wapres semangati anak-anak tetap optimistis di masa pandemi

Baca juga: Sandiaga bantu anak-anak pemulung Bantar Gebang

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020