Sorong (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat mengumumkan pasien positif COVID-19 di daerah tersebut telah mencapai 153 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Rabu, mengatakan hasil pemeriksaan Laboratorium Balitbangkes Makassar hari ini terjadi penambahan tiga orang pasien positif COVID-19 sehingga jumlah kasus positif meningkatkan menjadi 153 kasus.

Dia mengatakan, tiga orang pasien baru positif COVID-19 Kota Sorong tersebut yakni pasien dengan nomor 151 umur 52 tahun jenis kelamin laki-laki beralamat di Kelurahan Klasabi, pasien nomor 152 umur 50 jenis kelamin perempuan beralamat di Kelurahan Klasabi, dan pasien nomor 153 umur 45 tahun jenis kelamin laki-laki beralamat di Kelurahan Klabala.

Menurut dia, hasil pemeriksaan laboratorium satu pasien positif virus Corona dinyatakan sembuh sehingga jumlah pasien sembuh hingga hari ini mencapai 71 orang. Empat orang telah meninggal dunia tersisa 78 orang yang sedang dalam proses penanganan.

Baca juga: 23 tenaga kesehatan di Kota Sorong positif COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Kota Sorong mencapai 129 orang


Dikatakannya bahwa hingga 22 Juli 2020 jumlah kasus kontak erat sebanyak 746 orang sedang dalam proses pengawasan. Sedangkan kasus konfirmasi sebanyak 11 orang yang sedang dalam perawatan.

Total keseluruhan warga kota Sorong yang telah diperiksa sampel sebanyak 1.722 terbanyak di Papua Barat. Dari hasil pemeriksaan sampel tersebut sebanyak 1.053 negatif dan 153 positif COVID-19.

Ia mengatakan masih terjadi penambahan pasien positif COVID-19 karena transmisi lokal sehingga diimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Kurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada keperluan penting, gunakan masker saat di luar rumah, rajin cuci tangan, serta menerapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga," kata Rudy R Lakku.

Baca juga: Gugus Tugas Kota Sorong laporkan pemalsuan dokumen COVID-19

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Kota Sorong bertambah menjadi 43 orang

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020