Saat ini tidak masuk akal untuk mengekspos diri anda dan orang lain terhadap penyebaran virus. Kita berada di titik kritis di New South Wales dan kita tidak ingin melihat adanya penyebaran virus, dan aksi protes seperti itu adalah risiko kesehatan ya
Sydney (ANTARA) - Penduduk kota terpadat kedua di Australia, Melbourne, sejak Rabu diwajibkan untuk mengenakan masker ketika meninggalkan rumah karena pembatasan yang lebih ketat diberlakukan di perbatasan sekitar negara bagian New South Wales untuk mencegah penyebaran virus corona.

Perjalanan lintas batas antara negara bagian Victoria dan New South Wales (NSW) sekarang hanya akan diizinkan untuk urusan pekerjaan, pendidikan atau perawatan medis. Sebelumnya, perbatasan antarkedua negara bagian Australia itu ditutup awal bulan ini untuk pertama kalinya dalam 100 tahun.

Pegawai atau siswa yang bepergian dari Victoria ke NSW untuk masuk ke sekolah-sekolah atau universitas berasrama sekarang diminta untuk mengisolasi diri selama dua pekan dan telah dinyatakan negatif terjangkit virus corona, sementara pekerja musiman dari Victoria dilarang masuk.

Melbourne telah mengalami peningkatan pesat jumlah kasus COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir, dengan virus corona baru menyebar ke banyak panti jompo dan beberapa penjara.

Baca juga: Australia perluas skema subsidi upah seiring lonjakan kasus COVID-19
Baca juga: Australia, Jepang alami peningkatan kasus corona


Sementara negara bagian Victoria telah mencatat kurang dari 6.300 total kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, hampir setengah dari total kasus COVID-19 di Australia. Victoria mencatat 364 kasus baru infeksi corona pada Selasa.

Australia telah mencatat hampir 12.500 kasus COVID-19 dan 126 kematian sejak pandemi dimulai awal tahun ini. Meskipun laporan kesehatan Australia secara keseluruhan lebih baik daripada banyak negara kaya di dunia, pihak berwenang dan pembuat kebijakan semakin khawatir tentang penyebaran penyakit infeksi virus corona yang mematikan itu di Melbourne.

Di NSW, di mana Sydney adalah ibu kotanya, dilaporkan 16 kasus baru COVID-19, dan pemimpin NSW Gladys Berejiklian mengatakan negara bagian itu dalam status "siaga tinggi" akibat penularan virus corona baru di komunitas dan adanya lokasi-lokasi kasus baru COVID-19.

Dia menyampaikan keprihatinan atas aksi protes Black Lives Matter, yang direncanakan pada pekan depan, sebagai kemungkinan platform untuk penyebaran virus.

"Terlepas dari masalah (Black Lives Matter) ini, kita harus mengikuti anjuran kesehatan. Kerumunan besar adalah masalah besar. Sayangnya, kita tidak bisa membiarkan aksi demonstrasi itu berlanjut," kata Berejiklian.

"Saat ini tidak masuk akal untuk mengekspos diri anda dan orang lain terhadap penyebaran virus. Kita berada di titik kritis di New South Wales dan kita tidak ingin melihat adanya penyebaran virus, dan aksi protes seperti itu adalah risiko kesehatan yang sangat besar," lanjutnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Victoria laporkan 374 kasus baru COVID-19
Baca juga: Warga Melbourne dikenai denda jika tidak memakai masker

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020