Kita jadikan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa sebagai momentum untuk mengukuhkan tekad dan semangat dalam mewujudkan keselarasan di antara nilai keadilan, kebenaran, dan kepastian melalui penegakan hukum tanpa kecuali.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Kejaksaan RI makin profesional dan adil dalam mengawal proses hukum di Indonesia, khususnya pada peringatan Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-60, Rabu.

"Semoga Kejaksaan RI makin profesional dan adil untuk mengawal hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Wapres Ma'ruf dalam video yang diunggah di akun Youtube resmi milik Wakil Presiden Republik Indonesia, Rabu.

Dalam momen peringatan hari jadi Kejaksaan RI tersebut, Ma'ruf meminta seluruh jajaran kejaksaan makin meningkatkan keadilan, kebenaran, dan kepastian dalam upaya penegakan hukum di Indonesia.

Baca juga: Rp 2,3 miliar keuangan negara terselamatkan dari pidana korupsi

"Kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk mengukuhkan tekad dan semangat dalam mewujudkan keselarasan di antara nilai keadilan, kebenaran, dan kepastian melalui penegakan hukum tanpa kecuali," katanya menegaskan.

Ma'ruf Amin juga meminta semua jajaran kejaksaan untuk mengevaluasi seluruh kinerjanya dan menjadikan momen peringatan tersebut sebagai kesempatan untuk memperbaiki citra institusi penegak hukum.

"Momen peringatan ini hendaknya juga digunakan untuk introspeksi dan evaluasi atas apa yang sudah dikerjakan oleh seluruh jajaran kejaksaan sehingga Kejaksaan RI dapat benar-benar memberikan manfaat bagi segenap lapisan masyarakat," katanya.

Ma'ruf juga menyampaikan ucapan selamat atas pembentukan Jaksa Agung Muda Pidana Militer yang diperuntukkan khusus menangani perkara militer.

"Saya ucapkan selamat atas pembentukan Jaksa Agung Muda Pidana Militer, teruslah menggelorakan semangat untuk bergerak dan berkarya bagi bangsa Indonesia," ujar Wapres.

Baca juga: Hari Bakti Adhyaksa Kejati Diwarnai Pelemparan Telur, Tomat Dan Batu

Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa, yang dilakukan setiap 22 Juli, tahun ini mengambil tema "Terus Bergerak dan Berkarya".

Jaksa Agung Burhanuddin berharap peringatan kali ini dapat mendorong seluruh jajaran kejaksaan untuk tetap produktif dan inovatif dalam situasi apa pun, termasuk di tengah pandemi COVID-19.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020