Batam (ANTARA) - Sebanyak tujuh dari 12 kecamatan di Kota Batam Kepulauan Riau menjadi zona hijau COVID-19, karena tidak ada warganya yang masih dalam perawatan akibat terpapar Virus Corona.

Dalam peta yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam, Kamis, tujuh kecamatan yang sudah bebas, yaitu Kecamatan Belakang Padang, Sekupang, Bulang, Sei Beduk, Galang, Nongsa dan Batam Kota.

"Kecamatan Sekupang kembali menjadi zona hijau," kata Juru Bicara Gugus Tugas Batam, Azril, Kamis.

Sedangkan lima kecamatan lainnya masih berstatus kuning, yaitu Batuampar dengan tiga warga yang masih positif COVID-19, Batuaji dengan empat warga, Sagulung dengan enam warga, Bengkong dengan empat warga dan Lubuk Baja dengan tujuh warga.

Baca juga: 230 warga Batam sembuh dari COVID-19

Baca juga: Satu tempat hiburan di Batam tutup karena personel band positif corona


Dengan begitu, tersisa 24 warga yang masih positif COVID-19 dan semuanya dirawat di RS Khusus Infeksi COVID-19 Galang. Berdasarkan data Gugus Tugas, kondisi semuanya relatif stabil.

Sedangkan total warga yang dinyatakan positif COVID-19 hingga Kamis, sebanyak 267 orang, 231 orang di antaranya sembuh dan 12 lainnya meninggal.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam Muhammad Rudi menyebut, saat ini perkembangan COVID-19 di Batam menuju tren positif seiring bertambahnya pasien terkonfirmasi positif sembuh.

Pada hari ini, pihaknya mencatat tambahan empat orang sembuh, dan tidak ada penambahan pasien baru positif COVID-19.

Laboratorium telah memeriksa 2.577 spesimen, dan hanya 267 yang hasilnya positif, 2.300 negatif dan 10 lainnya masih dalam proses.

Gugus Tugas juga sudah melakukan pemeriksaan tes cepat COVID-19 sebanyak 16.927 kali dan 576 di antaranya reaktif.*

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Batam tambah dua jadi 227 orang

Baca juga: Tambahan empat warga positif COVID-19 di Batam

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020