Presiden Brazil tunjuk pastor evangelis sebagai menteri pendidikan

Presiden Brazil tunjuk pastor evangelis sebagai menteri pendidikan

Presiden Brazil Jair Bolsonaro berbicara dengan wartawan sambil memakai masker pelindung saat ia tiba di Alvorada Palace, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Brasilia, Brazil, Jumat (22/5/2020). (REUTERS/ADRIANO MACHADO)

Rio De Janeiro (ANTARA) - Presiden Brazil Jair Bolsonaro pada Jumat menunjuk Milton Ribeiro sebagai menteri pendidikan yang baru, setelah menteri sebelumnya mengundurkan diri di tengah serentetan skandal pada Juni.

Ribeiro memperoleh gelar dalam bidang pendidikan, hukum konstitusional dan teologi, menurut informasi yang diunggah di situs pemerintah. Ia juga merupakan pastor di gereja Negara Bagian Sao Paulo dan sebelumnya bergelar letnan dalam angkatan bersenjata Brazil, kualifikasi umum bagi mereka yang ditunjuk oleh Bolsonaro, yang mengelilingi dirinya di Brasilia dengan mantan pejabat militer maupun pejabat militer yang masih aktif.

Ribeiro menggantikan Abraham Weintraub, yang mengundurkan diri pada 18 Juni. Gaya agresifnya menghadirkan masalah bagi presiden, termasuk pernyataan rasis tentang China, mitra dagang utama Brazil, dan komentar bahwa hakim Mahkamah Agung harus dibui.

Pengadilan menyeret Weintraub dalam penyelidikan dugaan pencemaran nama baik dan jaringan informasi palsu yang dijalankan oleh pendukung Bolsonaro.

Penunjukkan pertama Bolsonaro itu untuk menggantikan ekonom Carlos Decotelli, yang mundur sebelum dilantik usai ditemukan ketidakberesan dalam riwayat hidup miliknya, termasuk gelar dokter yang diklaim telah diperoleh dan tugas pasca-doktoral yang tak pernah selesai, menurut pemberitaan media Brazil.

Sumber: Reuters
Baca juga: Menteri pendidikan Brazil mundur setelah lima hari ditunjuk
Baca juga: Hakim minta Presiden Brazil Bolsonaro pakai masker
Baca juga: Presiden Brazil Bolsonaro akan veto RUU tentang berita palsu
Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020