Wagub dorong percepatan pembangunan pengaman abrasi pantai Takalar

Wagub dorong percepatan pembangunan pengaman abrasi pantai Takalar

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (masker oranye tengah) saat mengunjungi proyek pembangunan pengaman abrasi pantai Kabupaten Takalar. ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendorong percepatan pembangunan pengaman abrasi di Pantai Kabupaten Takalar yang sudah merusak rumah dan pekuburan warga.

Wagub Andi Sudirman Sulaiman mengaku bersyukur karena progres pembangunan penahan abrasi sudah berjalan baik dalam masa pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah progres sudah 39 persen, pembangunan pengaman abrasi di Galesong Takalar," ujar Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Jumat.

Baca juga: Warga Galesong Takalar sangat butuh bantuan atasi abrasi

Baca juga: Abrasi di Kabupaten Takalar semakin parah


Ia menjelaskan rencananya selesai sekitar 400 meter hingga akhir tahun 2019. Proyek pembangunan pengaman abrasi pantai Kabupaten Takalar ini bernilai kontrak Rp10,8 miliar.

"Insya Allah tahap kedua akan dilanjutkan. Usulan dua kali anggaran 2020 sudah diusulkan untuk 2021," ujarnya.

Sebelum dikerjakan, lokasi abrasi pesisir itu berdampak ke masyarakat di Desa Sampulungan. Rumah warga bahkan pekuburan terkikis hingga kain kafan terlihat menyembul.

Abrasi sudah terjadi sejak tahun 2018, juga pernah membuat tanah pekuburan amblas. Abrasi di pesisir pantai Takalar terjadi di tiga dusun, yakni Dusun Sampulungan, Sampulungan Caddi, dan Sampulungan Lompo.*

Baca juga: ASP sebut penambangan pasir picu abrasi di Galesong Takalar

Baca juga: Warga Sampulungan butuh bantuan atasi abrasi secepatnya
Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020