Kita akan membuka jalur air sungai yang baru mulai Jumat (10/7) ini agar lebih terarah dan tidak lagi arahnya menabrak langsung bangunan rumah sakit itu
Sigi, Sulteng (ANTARA) - Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Palu, Sulawesi Tengah setelah meninjau langsung lokasi banjir segera melakukan penanganan agar tidak terjadi luapan banjir susulan yang dapat melanda Rumah Sakit Umum Daerah Torabelo (RSUD) Torabelo, Kabupaten Sigi.

"Kita akan membuka jalur air sungai yang baru mulai Jumat (10/7) ini agar lebih terarah dan tidak lagi arahnya menabrak langsung bangunan rumah sakit itu," kata Kepala BWS Sulawesi III Feriyanto Pawenrunsi di Sigi, Jumat.

Feriyanto pada Kamis (9/7) malam meninjau (RSUD) Torabelo Kabupaten Sigi yang dilanda banjir itu.

Ia tidak menjelaskan apa penyebab meluapnya sungai tersebut, kecuali mengatakan hasil survei yang dilakukan BWS aliran sungai tersebut seharusnya melewati jalur yang tidak mengarah ke rumah sakit umum milik Pemerintah Kabupaten Sigi itu.

Sebelumnya, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (9/7) mengakibatkan sungai tersebut meluap hingga merendam RSUD Torabelo Sigi.

Akibat peristiwa luapan banjir tersebut, pelayanan RSUD tersebut terhambat, sehingga sejumlah pasien dievakuasi ke ruangan lain di RSUD itu.

Selain itu, ada pasien yang kembali ke rumah masing-masing, serta sebagian lagi dirujuk ke rumah sakit lain di daerah tetangga, yakni di Kota Palu.

Baca juga: Rumah sakit umum di Sigi dilanda banjir, sejumlah pasien di evakuasi

Baca juga: 41 rumah warga Desa Poi tertimbun lumpur, akses jalan Palu-Sigi putus

Baca juga: 20 kepala keluarga di Kabupaten Sigi mengungsi karena banjir


 
Salah satu ruang perawatan RSUD Torabelo Kabupaten Sigi, Sulteng yang tergenang banjir pada Kamis (9/7) malam. (FOTO ANTARA/Rangga Musabar)

Pewarta: Laode Masrafi/Rangga Musabar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020