Polresta Bogor Kota ungkap 19 kasus narkoba dengan 24 tersangka

Polresta Bogor Kota ungkap 19 kasus narkoba dengan 24 tersangka

Kapolresta Kombes Pol Hendri Fiuser tunjukkan barang bukti dari pengungkapan 19 kasus narkoba selama bulan Juni 2020. Kapolresta Bogor Kota mengekspose pengungkapan kasus narkoba itu Mako Polresta Bogor Kota, di Kota Bogor, Kamis (9/7/2020). (ANTARA/Riza Harahap)

Bogor (ANTARA) - Polresta Bogor Kota berhasil mengungkap 19 kasus peredaran narkoba di Kota dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan menangkap 24 orang pelaku serta telah menetapkannya sebagai tersangka, selama masa pandemi COVID-19, Juni 2020.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser, di Mako Polresta Bogor Kota, Kamis, mengatakan dari pengungkapan 19 kasus tersebut, polisi berhasil menyita barang bukti berupa narkotika jenis sabu-sabu 66 gram, narkotika jenis ganja 2.052 gram, dan narkotika jenis tembakau gorila 90 gram.

"Para tersangka masih proses penyidikan untuk kelengkapan berkas perkara sebelum dilimpahkan ke pengadilan," kata Kombes Pol Hendri Fiuser.
Baca juga: BNNK Bogor telusuri modus transaksi narkoba via ojek online

Hendri menjelaskan, para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 114 ayat (1), subsider Pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

Menurut Hendri, pengungkapan 19 kasus narkoba dilakukan oleh personel polisi di jajaran Polresta Bogor Kota selama bulan Juni 2020. "Meskipun dalam situasi pandemi COVID-19, tapi polisi harus terus bergerak mengungkap kasus-kasus pelanggaran hukum," katanya pula.

Kalau polisi tidak bergerak, Hendri mengkhawatirkan, peredaran narkoba di wilayah hukum Polresta Bogor Kota, akan semakin marak.

Hendri melihat ada modus baru peredaran narkoba dengan memanfaatkan transaksi online dan jasa pengantaran. "Pengedar narkoba ada yang menawarkan narkoba secara online dan barangnya dikirim melalui jasa pengantaran," katanya lagi.

Salah satu tersangka kasus narkoba adalah AR (30), ditangkap di sebuah kafe di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada 24 Juni malam. Dari hasil penangkapan tersebut, diperoleh barang bukti berupa ganja 2 kg, dalam kemasan delapan bungkus kertas cokelat berukuran kecil dan dua bungkus kertas cokelat berukuran sedang.
Baca juga: Polresta Bogor Kota musnahkan 15.250 botol miras dan 5.000 gram ganja
Pewarta : Riza Harahap
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020