Jakarta (ANTARA) - Sebuah museum yang mereplikasi bangunan apartemen Tokyo kediaman mendiang Osamu Tezuka dan komikus legendaris Jepang lainnya diresmikan, Selasa (7/7), 38 tahun setelah bangunan asli dari kayu dibongkar pada 1982.

Tokiwaso Manga Museum di kawasan Toshima menampilkan replika ruangan dan interior dari gedung dua lantai yang ditinggali banyak seniman, seperti Osamu Tezuka pencipta "Astro Boy" dan Fujiko F. Fujio pembuat komik "Doraemon" yang menetap di sana pada 1950-an dan 1960-an, seperti dikutip dari Kyodo.

Hasil karya mantan penghuni Tokiwaso, majalah komik lawas dan tandatangan lebih dari 100 komikus dipajang di lantai pertama, sementara lantai kedua menampilkan replika kamar para komikus, termasuk dapur dan toilet bersama.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 池袋ギーク/ikebukuro_geek (@ikebukuro_geek) on


Pengunjung dapat membaca buku-buku mengenai komikus dari Tokiwaso di sana, juga menonton cuplikan video wawancara dari komikus.

"Kami ingin menampilkan tempat kelahiran budaya anime dan manga (komik Jepang) ke seluruh dunia," kata Walikota Toshima Yukio Takano dalam pembukaan. Museum ini tidak memungut biaya masuk.

Komikus lain yang ditampilkan dalam museum meliputi Fujio Akatsuka, pengarang "Genius Bakabon", dan Shotaro Ishinomori, pencipta "Cyborg 009" dan "Kamen Rider".

"Bukan cuma eksterior, tapi bahkan jamur dan bercak di dinding interior juga dibuat persis sama," kata Yuka Kawasaki (38), pengunjung pertama museum yang juga seorang komikus.

"Saya bisa merasakan langsung gaya hidup para komikus ini. Saya senang sekali."

Dilansir NHK pada Rabu, bangunan asli Tokiwaso berdiri pada 1952. Komikus pertama yang menetap di bangunan ini adalah Osamu Tezuka yang pindah karena penerbitnya, Gakudosha, mencarikan tempat ini.

Sekitar setahun kemudian, Terada Hiroo yang pindah ke sana dengan cara yang sama. Akhirnya, Tokiwaso menjadi tempat berkumpul untuk komikus muda yang mengadu nasib di Tokyo.

Proyek ini diumumkan pada 2016 dan pembangunan museum dimulai pada 2019 di dekat lokasi asli bangunan. Sebelumnya, museum ini rencananya dibuka untuk publik pada Maret, namun ditunda karena pandemi virus corona.

Museum dibuka pukul 10 pagi hingga 6 petang dan tutup tiap Senin. Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu di laman resmi dalam kondisi saat ini untuk menekan penyebaran infeksi virus.

Tokiwaso Manga Museum dapat dicapai dengan berjalan kaki lima menit dari stasiun Ochiai-Minami-Nagasaki jalur Toei Oeodo, atau berjalan 10 menit dari stasiun Higashi-Nagasaki jalur Seibu Ikebukuro.


Baca juga: Komik baru Osamu Tezuka ciptaan Kecerdasan Buatan akan diterbitkan

Baca juga: Penyulih suara pertama Shizuka "Doraemon" meninggal dunia

Baca juga: Karya Van Gogh bisa disaksikan di museum dari dalam mobil

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020