Perhutani perlu dukungan Polda Jatim tangani hutan

Perhutani perlu dukungan Polda Jatim tangani hutan

Pertemuan Perhutani dengan Polda Jatim (Antarajatim/Perhutani/IS)

Surabaya (ANTARA) - Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur (Jatim) Oman Suherman menemui Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jatim Irjen Pol M Fadil Imran di Mapolda Jatim terkait dengan dukungan pengamanan hutan.

Menurut Oman Suherman, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Surabaya, Selasa, mengatakan sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang kehutanan, pihaknya perlu membangun kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan Polda Jatim dalam rangka keamanan kawasan hutan di wilayahnya.

"Lebih dari 1,2 juta hektare kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani Jatim, namun dengan jumlah personel kami di lapangan yang terbatas itu, perlu dukungan bantuan dari kepolisian," ujarnya.

Baca juga: 1.000 paket sembako kepada warga terdampak COVID-19 dari IIK Perhutani

Oman menjelaskan bahwa kerja sama dan dukungan dari Polda Jatim selama ini sudah terjalin baik, namun ia berharap ke depannya perlu ada keberlanjutan kerja sama dalam pengamanan hutan mengingat ancaman gangguan keamanan hutan yang terus meningkat.

Oman juga menyampaikan beberapa kekosongan perwira pembina (Pabin) polisi hutan di sejumlah wilayah satuan kerjanya karena purna tugas, sehingga perlu ada pengganti untuk mengisi kekosongan tersebut.

Kapolda Jatim Irjend Pol M Fadil Imran menyampaikan pihaknya siap mendukung semua kegiatan Perhutani, bahkan dirinya meminta supaya BUMN Kehutanan ini segera menginventarisir permasalahan apa saja yang sekiranya perlu dibantu.

"Kami mempersilahkan Perhutani membuat surat secara tertulis jika ada permasalahan hukum di bidang kehutanan, dan kami siap membantu sepenuhnya," katanya.

Baca juga: Bukan alih fungsi, Perhutani manfaatkan hutan untuk wisata alam

Baca juga: Erick Thohir tunjuk Wahyu Kuncoro jadi Dirut Perum Perhutani
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020