PKS salurkan bantuan APD pada Ikatan Dokter Indonesia Jawa Tengah

PKS salurkan bantuan APD pada Ikatan Dokter Indonesia Jawa Tengah

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bukhori Yusuf menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) dari PKS kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Semarang, Jawa Tengah, Senin (6/7/2020). (ANTARA/ HO)

Jakarta (ANTARA) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Semarang, Jawa Tengah, Senin.

Bantuan diserahkan oleh anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Bukhori Yusuf kepada Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah, Djoko Handoyo.

Bukhori dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin malam mengatakan bahwa bantuan yang diberikan tersebut adalah bentuk empati PKS terhadap perjuangan tenaga kesehatan dalam menyelamatkan banyak nyawa dari ancaman COVID-19.

“Pemberian paket APD itu sebenarnya tidak sebanding dengan pengorbanan para tenaga kesehatan," ujar Bukhori.

Baca juga: Satgas BUMN Bengkulu salurkan bantuan APD ke RSUD Argamakmur
Baca juga: HSBC Indonesia salurkan bantuan APD melalui PMI


Adapun, APD yang diserahkan Bukhori itu terdiri dari 9 item, antara lain tutup kepala, kacamata pelindung, pelindung wajah, masker N95, baju APD, sarung tangan medis, sarung tangan karet, sepatu karet, dan hand sanitizer 125ml.

Dalam kesempatan tersebut, Bukhori menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada tenaga kesehatan karena dedikasi dan pengorbanan yang diberikan dalam menangani pasien COVID-19.

Ia juga menyampaikan terima kasih, mewakili masyarakat, kepada IDI selaku perwakilan dari para dokter.

Bukhori mengatakan, sejak awal dirinya telah khawatir dengan adanya isu COVID-19, sebelum terjadinya kasus pertama COVID-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020 yang lalu.

Ia juga mengaku telah memperingatkan pemerintah agar lebih waspada dalam mengantisipasi penyebaran virus di Indonesia.

“Kritik dan saran sudah kami layangkan bahkan sebelum virus masuk ke Indonesia. Namun karena tidak siap, akhirnya Pemerintah terkesan gagap karena tidak adanya kejelasan terkait peta jalan penanganan COVID-19 sejak awal. Untungnya, bangsa kita memiliki umat yang mudah tersentuh sehingga tidak membiarkan pemerintah bekerja sendiri," ujar Bukhori.

Dalam kesempatan itu, Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah Djoko Handoyo ikut menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh PKS kepada tenaga kesehatan, khususnya para dokter.

Baca juga: Lulus standar internasional, jutaan hazmat Indonesia siap diproduksi

Apalagi, bantuan yang diberikan PKS sangat bermanfaat serta dibutuhkan oleh para dokter dan tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas pelayanan di masyarakat.

Selain disalurkan ke IDI Jateng, bantuan PKS juga disalurkan kepada 10 puskesmas di Kabupaten Kendal, 5 puskesmas di kota Semarang, khususnya yang memiliki fasilitas rawat inap, serta sejumlah rumah sakit di daerah pemilihan Jawa Tengah I (Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang).

Bukhori mengatakan total APD yang diberikan PKS di dapil Jateng I sejumlah 50 set APD lengkap yang ditambah lagi dengan 100 setel baju hazmat, pelindung wajah (face shield), dan 57.000 buah masker.

Baca juga: Pilkada di Sumbar, PKS targetkan menang 60 persen
Baca juga: Tahlilan digelar PKS Aceh untuk KH Hilmi Aminuddin
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020