Padang, (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera ( DPW PKS) Sumatera Barat menargetkan dapat memenangkan 60 persen dari 13 kota dan kabupaten di provinsi Sumatera Barat yang menggelar Pilkada pada 9 Desember 2020.

Wakil Ketua DPW PKS Sumbar, Nurfirmanwansyah di Padang, Senin mengatakan target tersebut sesuai dengan pemetaan yang telah dilakukan partai dan memang memiliki peluang yang cukup besar.

Baca juga: PKS Sumbar siap jalin koalisi usung calon pilgub

Ia mengatakan dalam mewujudkan target tersebut pihaknya telah melakukan pemetaan kekuatan di masing-masing daerah agar target yang diberikan dapat tercapai.

Mulai dari Kabupaten Agam yang menjadi kekuatan PKS, saat ini ada Wakil Bupati Agam dari PKS dan siap maju menjadi calon bupati.

“Petahana di sana dan cukup kuat untuk menang,” katanya.

Kemudian di Kota Bukittinggi jumlah kursi PKS di DPRD setempat mencukupi untuk mengusung pasangan calon kepala daerah.

Selain itu di Kabupaten Pasaman, jumlah kursi PKS juga mengalami peningkatan yang pesat lebih dari 150 persen dan membuat PKS mendapat posisi wakil ketua.

Baca juga: PKS Sumbar usulkan dua nama kader diusung maju Pilgub

Sebelumnya Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Safar mengatakan pihaknya terus melakukan pemetaan dan survei ke lapangan sebelum adanya pendaftaran calon kepala daerah ke KPU setempat.

Untuk gambaran awal tentu melihat jumlah kursi PKS di DPRD di masing-masing daerah dan apabila jumlahnya mencukupi tentu berpotensi dalam Pilkada nanti.

“Kalau kursi banyak tentu potensi menang cukup besar namun pileg dengan pilkada tentu berbeda dan tidak dapat diukur secara matematis. Semua berproses dan berkembang hingga pendaftaran nanti,” kata dia.

Baca juga: PKS incar kemenangan di delapan pilkada di Sumbar

Baca juga: PKS siap berkompetisi pertahankan kursi Gubernur Sumbar

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020