Seorang remaja jadi pasien COVID-19 terlama dirawat di RSUP Kepri

Seorang remaja jadi pasien COVID-19 terlama dirawat di RSUP Kepri

Dokter yang menangani pasien COVID-19 di RSUP Kepri. (ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - AF, remaja berusia 12 tahun menjadi pasien positif COVID-19 di Kota Tanjungpinang yang paling lama dirawat di Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RSUP Kepri).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Sabtu, mengatakan AF sudah lebih dua bulan dirawat di RSUP Kepri.

"Ini pasien paling lama yang dirawat di RSUP Kepri. Virusnya tidak hilang dari tubuhnya," ujar dia yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kepri.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tanjungpinang Rustam mengatakan AF dirawat sejak 1 Mei 2020. AF dirawat di RSUP Kepri bersamaan dengan AP, mantan ajudan Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul (almarhum).

Baca juga: Pasien COVID-19 di Tanjungpinang tinggal satu orang

Baca juga: Pasien COVID-19 di Tanjungpinang tak bertambah sejak 26 hari terakhir


"AP pada 24 Juni sudah sembuh, sedangkan AF masih dirawat," ucapnya.

Tim medis sudah melakukan uji usap (swab) atas AF sebanyak 14 kali. Hasil pemeriksaan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), positif mengidap COVID-19.

Pemeriksaan dengan metode PCR dilakukan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam pada 27 Juni 2020. "Mudah-mudahan AF segera sembuh," ucapnya.

Rustam menjelaskan AF merupakan satu-satunya pasien COVID-19 yang belum sembuh. Sebanyak 23 orang pasien lainnya telah sembuh dari COVID-19.

Sementara tiga orang pasien COVID-19 lainnya meninggal dunia.*

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kota Tanjungpinang tersisa dua orang

Baca juga: Istri mantan Wali Kota Tanjungpinang sembuh dari COVID-19
Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020