Pasien positif COVID-19 di NTT bertambah 2 menjadi 121 orang

Pasien positif COVID-19 di NTT bertambah 2 menjadi 121 orang

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere. ANTARA/Benny Jahang

Kupang (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur mencacat ada penambahan dua pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga jumlah yang terkonfirmasi positif menjadi 121 orang.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere ketika dihubungi di Kupang, Sabtu, penambahan dua kasus positif baru setelah tim medis pada laboratorium biologi molekuler polymerase chain reaction (PCR) RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang melakukan pemeriksaan terhadap 94 sampel swab yang berasal dari enam kabupaten/kota di NTT.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kata Dominikus diketahui ada dua sample swab yang terkonfirmasi positif COVID-19 yaitu satu orang dari Kota Kupang merupakan pelaku perjalanan dari Bali.

Sementara satu orang lainya berada di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba berasal dari kluster Solo, Jawa Tengah.

"Dengan ada penambahan dua pasien positif COVID-19 itu maka terjadi penambahan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT dengan jumlah saat ini mencapai 121 orang," tegasnya.

Baca juga: Pemprov NTT kirim dokter tangani pasien COVID-19 di Sumba
Baca juga: Upaya menjaga Lembata tetap bebas kasus COVID-19


Ia juga mengatakan, selain terjadi penambahan jumlah pasien yang positif COVID-19, terdapat tiga orang pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh yaitu dua orang dari Kota Kupang dan satu orang dari Kabupaten Sumba Timur.
 
Warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur yang masuk ke kawasan pasar Kasih, Naikoten Kupang wajib menggunakan masker dalam mencegah penyebaran virus corona baru atau COVID-19. ANTARA/Benny Jahang

Dengan demikian menurut mantan Direktur Rumah Sakit Umum Prof.W.Z.Johannes Kupang itu jumlah pasien COVID-19 di NTT yang dinyatakan sembuh mencapai 92 orang, sedangkan satu orang meninggal dunia.

Pemerintah NTT berharap warga NTT akan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: PCR belum datang, uji usap COVID-19 untuk Pulau Sumba-NTT tertunda
Baca juga: Empat TKI asal Sumba Barat terkonfirmasi positif COVID-19

 
Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020