Rektor Unhas: Harapan Presiden sudah kami jalankan

Rektor Unhas: Harapan Presiden sudah kami jalankan

Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Palubuhu MA. ANTARA/HO-Humas Unhas/am.

Makassar (ANTARA) - Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Palubuhu MA mengatakan pihaknya sudah menjalankan harapan dari Presiden Joko Widodo agar perguruan tinggi ikut berperan dan berkontribusi khususnya dalam penanganan COVID-19.

"Pesan beliau (Presiden) sudah kami jalankan meski perlu ditingkatkan lagi. RS Unhas sejak awal sudah ditunjuk sebagai rujukan, Lab Unhas selama ini terus konsisten melayani swab test paling banyak untuk kasus ODP dan PDP," ujar Rektor di Makassar, Sabtu.

Ia menjelaskan, Unhas Makassar yang sejak awal mengambil langkah nyata dalam membantu proses percepatan penanganan COVID-19, akan terus konsisten memberi kontribusi.

Pihaknya telah melakukan berbagai upaya mulai dari menyiapkan RS Unhas sebagai rujukan COVID-19, berbagi dengan masyarakat yang terdampak hingga berupaya melahirkan inovasi atau temuan untuk membantu pemerintah dan masyarakat.

"Pesan Presiden Joko Widodo (Konferensi Forum Rektor Indonesia) yakni perguruan tinggi diharapkan saling peduli, berbagi dan harus sigap dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 yang lebih luas. Kami sudah melakukan itu," katanya.

Baca juga: Unhas perkuat GTPP COVID-19 Makassar
Baca juga: Profesor Unhas ingatkan masyarakat tidak salah artikan normal baru


Ketua FRI 2018 itu menjelaskan, selain RS pendidikan Unhas, pihaknya juga memiliki laboratorium yang selama ini menjadi mampu melakukan sweb test terbanyak dari beberapa lab yang direkomendasikan atau mendapatkan persetujuan dari Kemenkes untuk melakukan pemeriksaan sweb secara mandiri.

Unhas juga telah membentuk Satgas COVID-19 yang berhasil mengumpulkan banyak donasi dari masyarakat untuk kemudian disumbangkan kepada rumah sakit, tenaga medis dan sebagainya khususnya dalam bentuk alat pelindung diri (APD).

Unhas juga memaksimalkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan fokus tematik COVID-19. Termasuk diantaranya menerjunkan 1.085 mahasiswa KKN tematik untuk membantu mengedukasi masyarakat Makassar.

Baca juga: Unhas terus berupaya tingkatkan mutu pendidikan di tengah pandemi
Baca juga: 25 pegawai Unhas positif COVID-19 usai tes massal


Para peneliti Unhas juga terus bekerja keras untuk menemukan obat-obatan untuk meningkatkan imunitas, termasuk riset-riset untuk menemukan teknologi yang berguna untuk pelayanan masyarakat banyak.

Sejumlah penelitian Unhas juga memenuhi syarat untuk pendanaan RISPRO ini seperti Covid-19 Lamp: Deteksi Molekuler Sars-Cov-2 Secara Cepat dengan Jangkauan Luas, dengan Ketua Periset: dr Gita Vita Soraya PhD.

Pemetaan Sebaran dan Resiko COVID-19 Secara Geospasial di Sulawesi Selatan, dengan Ketua Periset: Andang Suryana Soma SHut MP PhD.

Integrasi Nilai Lokal dalam Strategi Komunikasi pada Penanganan COVID-19 di Sulawesi Selatan, dengan Ketua Periset: Shanti Riskiyani SKM MKes.

Serta penelitian Surveilans Serologi pada Klaster Keluarga Penderita Covid-19 di Kota Makassar, dengan Ketua Periset: dr Joko Hendarto, PhD.

Baca juga: Rektor Unhas: Waspadai bioterorisme dalam kehidupan global
Baca juga: Unhas loloskan empat penelitian pendanaan riset COVID-19
Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020