Sepekan Jakarta, dari sistem PPDB sampai reklamasi Ancol

Sepekan Jakarta, dari sistem PPDB sampai reklamasi Ancol

Massa aksi menggunakan seragam SMP membawa poster berisi aspirasi menolak PPDB DKI Jakarta 2020 dibatalkan dalam demo di Taman Aspirasi Monas, seberang Istana Merdeka, Jumat (3/7/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa dan informasi yang terjadi di Jakarta sepanjang pekan keempat Juni hingga awal Juli 2020 ini, dikabarkan oleh tim redaksi Kantor Berita Antara dan masih layak dibaca kembali sebagai bahan referensi akhir pekan Anda.

Selama sepekan ada berbagai kabar menonjol yang diberitakan Antara, di antaranya, mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta, rencana Formula E, hingga reklamasi Ancol yang mendapat perhatian luas dari masyarakat.

Adapun rangkuman berita sepekan di pekan keempat bulan Juni hingga awal Juli 2020 ini adalah:

1. Disdik: PPDB 2020 sesuai peraturan Kemendikbud

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menyatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 sudah sesuai peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Proses yang sudah dilalui dan akan dijalankan dalam PPDB 2020 ini, kami sudah berkoordinasi dengan Kemendikbud dan sudah sesuai dengan peraturan kementerian yang ada," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dalam penjelasan secara virtual di Balai Kota Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Formula E tergantung kondisi COVID-19 di Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto mengatakan perhelatan balap mobil listrik Formula E di Jakarta saat ini masih tergantung pada kondisi COVID-19 Ibu Kota.

"Formula E sampai saat ini masih dalam pembahasan bersama FEO. Berdasarkan rencana atau jadwalnya FEO pada 2021, tapi kan sekali lagi tergantung kondisi COVID-19 di Jakarta," kata Dwi saat ditemui di Kantor Jakpro, Jakarta Pusat, Senin.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

3. Pembangunan Jakarta International Stadium capai 23,6 persen

Jakarta (ANTARA) - Kemajuan pembangunan stadion BMW atau Jakarta International Stadium (JIS) mencapai 23,6 persen dari target perencanaan sebesar 23,41 persen hingga 26 Juni 2020.

“Capaian fisik proyek lebih cepat 0,22 persen,” kata Direktur pengembangan bisnis PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Hanief Arie Setianto saat pertemuan bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, di kantor Jakpro, Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Jakpro dorong ITF Sunter masuk proyek strategis nasional

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mendorong proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (Intermediate Treatment Facility/ITF) Sunter untuk masuk dalam proyek strategis nasional melalui Kementerian Keuangan.

“Kita bisa bawa ke Kementerian Keuangan, karena ada fasilitas yang masuk dalam proyek strategis nasional,” kata Direktur Pengembangan Bisnis Jakpro, Hanief Arie Setianto saat bertemu anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

5. Empat pengelola transportasi publik integrasikan pembayaran

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat pengelola transportasi publik di daerah Jabodetabek khususnya di Jakarta menyatakan komitmennya untuk mengintegrasikan sistem pembayaran antarmoda transportasi melalui penandatanganan perjanjian pokok atau 'Head Of Agreement' (HOA) di Balai Kota Jakarta.

Empat pengelola transportasi publik itu meliputi tiga BUMD DKI Jakarta yaitu PT Transportasi Jakarta, PT MRT Jakarta, PT Jakarta Propertindo yang mengelola LRT Jakarta, dan satu perusahaan joint venture MRT Jakarta dan Kereta Api Indonesia yaitu PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

6. Disdik DKI jelaskan alasan kuota jalur zonasi PPDB diturunkan

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menjelaskan alasan kuota jalur zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta Tahun Ajaran 2020/2021 diturunkan dari ketentuan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2020.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana di Jakarta, Selasa mengatakan, penurunan kuota dari 50 persen menjadi 40 persen telah dikoordinasikan dengan kementerian.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

7. Anies diminta batalkan perluasan reklamasi Ancol

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta membatalkan perluasan Ancol yang terindikasi reklamasi dan mencabut Keputusan Gubernur Nomor 237 Tahun 2020.

Keputusan Gubernur tentang Izin Pelaksanaan Perluasan Kawasan Rekreasi Dufan seluas lebih kurang 35 hektare (ha) dan kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol seluas lebih kurang 120 ha itu, kata Koordinator Relawan Jaringan Warga (Jawara) Anies-Sandi, Sanny A Irsan, dianggap telah melanggar janji kampanye saat Pilkada DKI tahun 2017

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

8. Pengembangan kawasan Ancol berada di zona reklamasi Pantai Utara

Jakarta (ANTARA) - Izin pengembangan kawasan rekreasi untuk PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk seluas 155 hektar berada di zona reklamasi pantai utara (Pantura) seperti dikutip dari laman jakartasatu.jakarta.go.id.

Secara rinci disebutkan reklamasi itu ditetapkan dalam peta rencana kota. Reklamasi itu terbagi dua bagian yakni 120 hektar untuk perluasan kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol Timur. Area itu dengan kode blok 12. Sementara 35 hektar perluasan Dunia Fantasi (Dufan) masuk dalam kode blok 9.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

9. Anies: Sekolah belum akan memulai kegiatan belajar pada 13 Juli 2020

Jakarta (ANTARA) - Menyusul dimulainya penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Jakarta untuk tahun ajaran 2020/2021, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan sekolah belum akan memulai kegiatan belajar pada 13 Juli 2020.

"Perlu kami tegaskan sekolah belum dibuka meski tahun ajaran dimulai pada 13 Juli 2020," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020