Sleman (ANTARA) - Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan selesainya revitalisasi Pasar Gentan di Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Peresmian ditandai dengan dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Menteri Perdagangan.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa pasar rakyat memegang peran yang sangat penting di tengah masyarakat, serta dapat mempengaruhi kestabilan ekonomi di daerah tersebut.

"Maka kami berkomitmen untuk terus mengembangkan fasilitas pasar yang ada di Kabupaten Sleman," katanya.

Baca juga: Mendag: pasar tradisional harus dibuka untuk ekonomi

Menurut dia, beberapa kegiatan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman, meliputi kebersihan, mengkondisikan lantai agar tetap kering dan tidak becek, penataan barang dagangan, lorong yang luas, penataan ventilasi, menjamin keamanan, dan lainnya.

"Maka perlu menyusun strategi agar pasar rakyat menjadi tempat transaksi yang layak, tanpa harus menghilangkan ciri khas pasar rakyat," katanya.

Ia mengatakan, di Kabupaten Sleman saat ini terdapat 42 pasar dan resto yang dikelola Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman. Adapun jumlah pasar yang telah direvitalisasi sejak 2013 hingga 2019 sebanyak 19 pasar.

"Dana revitalisasi tersebut diantaranya berasal dari APBD Kebupaten Sleman sebesar Rp165,1 miliar, APBD DIY Rp12,5, miliar serta APBN sebesar Rp17,2 miliar, dengan total sebesar Rp195,1 miliar," katanya.

Baca juga: Mendag ajak pelaku usaha utamakan pemasaran produk dalam negeri

Sri Purnomo mengatakan, untuk pasar Gentan ini revitalisasi memakan dana sebesar Rp6 miliar. Waktu pengerjaan 75 hari kalender mulai 13 Oktober hingga 26 Desember 2017," katanya.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan bahwa program semacam ini perlu diteruskan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, serta dunia usaha. Sehingga semua pasar pada waktunya nanti diharapkan bisa menjadi pusat belanja yang bersih, sehat, aman, nyaman dan terawat.

"Pada 2020 Kementerian Perdagangan RI telah menetapkan revitalisasi terhadap 143 unit pasar rakyat, yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota. Disamping membangun fisik pasar, Kami juga berupaya merevitalisasi manajemen pengelolaan pasar serta memberikan edukasi kepada pedagang pasar agam memberi daya saing terhadap toko modern," katanya.
 
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo berdialog dengan pedagang Pasar Gentan, Sleman susai peresmian. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020