..kami sampaikan kepada pihak pengelola obyek wisata bahwa persyaratan tatanan normal baru harus dipenuhi, kerja ekstra di awal untuk keamanan bersama..
Gianyar, Bali (ANTARA) - Sekda Kabupaten Gianyar Wisnu Wijaya menyatakan destinasi wisata di wilayah Gianyar yakni Bali Safari and Marine Park dan Tirta Empul siap dibuka kembali karena telah memenuhi persyaratan penerapan protokol kesehatan.

“Bali Safari adalah obyek wisata terbesar di Gianyar yang dikelola oleh swasta, kunjungan wisatawan cukup banyak ke sini, jadi kita pastikan dulu apakah mereka bisa menjamin keamanan para pengunjung nantinya,” kata Sekda Wisnu Wijaya, setelah melakukan peninjauan kesiapan protokol kesehatan Bali Safari and Marine Park, Rabu, di Gianyar, yang akan dibuka kembali dalam waktu dekat ini.

Akibat pandemi COVID-19, Bali Safari and Marine Park sendiri telah ditutup sejak 23 Maret 2020 hingga saat ini. Semua destinasi wisata ditutup untuk umum guna mencegah meluasnya penularan, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar.

Menyongsong tatanan normal baru, sejumlah persiapan dilakukan Pemkab Gianyar untuk memastikan semua sektor menerapkan protokol kesehatan. Salah satu sektor yang dipersiapkan untuk menyongsong penerapan tatanan normal baru adalah sektor pariwisata, terutama destinasi wisata.

Menindaklanjuti instruksi Bupati Gianyar, Sekda Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya didampingi Kadis Pariwisata Gianyar A.A. Gde Putrawan dan para kepala OPD terkait lainnya serta dari unsur TNI meninjau kesiapan Bali Safari and Marine Park serta objek wisata Tirta Empul dibuka kembali untuk umum.

"Ketika ada wacana pemerintah akan menerapkan tatanan normal baru, di mana berbagai sektor akan mulai dibuka kembali secara perlahan, pihak Bali Safari and Marine Park mulai melakukan persiapan," kata Manajer Operasional Bali Safari and Marine Park, I Ketut Suardana saat menerima kunjungan rombongan Sekda Wisnu Wijaya.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh General Manager Bali Safari and Marine Park Thomas Colbert. “Kami sangat siap memenuhi persyaratan protokol kesehatan di era normal baru,” tegas Colbert.
Baca juga: Bali makin populer di Asia Pasifik
 

Berdasarkan peninjauan lapangan, terlihat semua pegawai Bali Safari and Marine Park menggunakan alat pelindung diri seperti, face shield, masker, dan sarung tangan. Kendaraan yang masuk areal Bali Safari and Marine Park disemprot cairan desinfektan.

Juga terlihat di beberapa titik disediakan hand sanitizer dan wastafel untuk mencuci tangan. Di pintu masuk juga ada petugas yang mengukur suhu tubuh pengunjung menggunakan thermo gun. Di pintu masuk disiapkan keset yang terendam cairan desinfektan untuk mensteril alas kaki para pengunjung.

 

Berdasarkan tinjauannya, Sekda Wisnu Wijaya menyampaikan berapa saran kepada pihak Bali Safari and Marine diantaranya, penambahan fasilitas cuci tangan di beberapa titik, pengukuran suhu tubuh agar tidak secara manual untuk menghindari antrean panjang, menyediakan klinik kesehatan untuk para pengunjung apabila ditemukan ada yang kurang sehat.
 

“Hasil tinjauan ini akan kami laporkan kepada Bupati untuk pengambilan kebijakan, kami sampaikan kepada pihak pengelola obyek wisata bahwa persyaratan tatanan normal baru harus dipenuhi, kerja ekstra di awal untuk keamanan bersama, jangan sampai ada kejadian klaster destinasi wisata, kalau itu sampai terjadi maka sudah pasti akan ditutup,” tegas Sekda Wisnu Wijaya.
Baca juga: Badak putih langka lahir di Bali Safari
 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gianyar, Anak Agung Putrawan mengatakan, kewenangan pembukaan obyek wisata ada pada Pemprov. “Diijinkan untuk buka kembali atau tidak adalah berdasarkan pemenuhan beberapa indikator, apabila semua indikator bisa dipenuhi berdasarkan tinjauan lapangan yang dilakukan oleh tim, maka objek wisata yang bersangkutan disertifikasi dan diijinkan untuk buka kembali,” terang Putrawan dan menambahkan, penetapan indikator ini masih dalam tahap pembahasan lebih lanjut.
 

Setelah meninjau Bali Safari and Marine Park, rombongan Sekda Wisnu Wijaya bergerak menuju obyek wisata Tirta Empul di Tampaksiring.

Sebagaimana Bali Safari and Marine Park, pengelola obyek wisata Tirta Empul juga menyatakan siap dibuka kembali di era tatanan normal baru. Terlihat berbagai protokol kesehatan telah disiapkan.

“Kami laporkan hasil tinjauan kepada Bupati, kita semua berharap agar perekonomian kembali berjalan, dengan mulai dibukanya objek wisata kita harapkan perekonomian kembali berputar, tetapi tetap ada syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu,” tandas Sekda Wisnu Wijaya.

Baca juga: Nikmati jelajah Bali dengan VW Safari

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2020