Jakarta (ANTARA) - Musik dapat menjadi sarana bercerita yang luas dan efektif untuk menyampaikan pesan, tak terkecuali tentang adiksi akan obat-obatan terlarang.

Banyak musisi dunia yang menceritakan bagaimana dampak narkoba terhadap diri manusia, hingga perjuangan untuk bebas dari ketergantungan tersebut.

Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional, ada beberapa lagu pilihan bertema narkoba yang layak didengarkan.

Berikut ini adalah daftar lagu tentang narkoba yang menyayat hati sekaligus memberikan semangat bagi pendengarnya.

Baca juga: Hari Anti Narkotika, berikut lima film seru bertema narkoba

Baca juga: Mantan pecandu narkoba sutradarai film antinarkoba


"Rehab" - Amy Winehouse

Salah satu lagu yang dinobatkan majalah musik Rolling Stone sebagai "Lagu Terbesar Sepanjang Masa", "Rehab" dari Amy Winehouse yang rilis pada tahun 2006 ini menceritakan tentang penolakan akan kecanduan yang menguasainya.

Winehouse "bersikeras" tidak punya waktu untuk rehabilitasi, dan tidak ada hal baru yang bisa dia pelajari di sana.

Lagu yang terinspirasi secara otobiografi ini ditulis setelah penyanyi tinggal selama 15 menit di rehabilitasi yang ia hadiri hanya agar ia dapat memberi tahu label rekamannya bahwa ia pergi ke sana.

Sayangnya, Winehouse yang sangat berbakat meninggal karena keracunan alkohol pada tahun 2011 pada usia 27.

"The A Team" - Ed Sheeran

Penyanyi Ed Sheeran mendapatkan inspirasi untuk menulis lagu "The A Team" setelah ia mengunjungi tempat penampungan tunawisma dan mendengarkan kisah hidup seorang pelacur yang kecanduan heroin.

Wanita itu telah berada di jalanan sejak berusia 18 tahun. Baik tubuh dan jiwanya telah dilubangi oleh kengerian atas candu narkoba dan kehidupan jalanan yang kejam.

Baca juga: Bruno Mars bebas dari tuduhan kepemilikan kokain

Baca juga: Oppie Andaresta minta sosialisasi narkoba sasar mamak muda


"Dark Times" - The Weeknd ft. Ed Sheeran

Setelah tampil dengan lagu originalnya, Sheeran kembali menceritakan soal adiksi narkoba bersama dengan The Weeknd melalui lagu "Dark Times"yang rilis pada 2015.

Menceritakan tentang seseorang yang menggunakan narkoba dan menjalani kehidupan yang serba cepat, berbahaya dan tidak terduga.

"Sober "- Kelly Clarkson

Dalam lagu yang rilis pada 2007 ini, penyanyi jebolan American Idol Kelly Clarkson menggambarkan seorang wanita yang telah sadar selama tiga bulan, setelah meninggalkan orang-orang negatif serta pengaruh luar pada hidupnya demi fokus pada kebahagiaan dan kesehatannya.

Meski tak memiliki riwayat adiksi, Clarkson menggunakan tema adiksi alkohol dan obat-obatan sebagai metafora untuk kecanduan yang dihadapi setiap orang.

"Amazing" - Aerosmith

Lagu balada yang rilis pada tahun 1993 itu menggambarkan keputusasaan hidup yang penuh penderitaan, narkoba, dan dosa.

Aerosmith menceritakan seseorang yang akhirnya mencapai titik terendah, dan ketika dia mendapatkan bantuan, dia kagum pada bagaimana hidupnya berubah, dan tergambarkan dalam lirik:

"It's amazing
With the blink of an eye, I finally saw the light
It's amazing
That when the moment arrives, you know you'll be alright."


Baca juga: Comi Payung Teduh bersyukur bandnya tak pernah terpapar narkoba

Baca juga: Ungu : Musik Indonesia Bisa Maju Tanpa Narkoba

Baca juga: Billie Joe Armstrong sembuh dari kecanduan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020