Relawan COVID-19 lakukan edukasi protokol kesehatan di 10 pasar

Relawan COVID-19 lakukan edukasi protokol kesehatan di 10 pasar

Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bersama Pemuda Panca Marga dan TNI AD melakukan edukasi protokol kesehatan di Pasar Ceger Pondok Aren Tangerang Selatan, Banten baru-baru ini. ANTARA/HO-Relawan Gugus Tugas COVID-19/aa.

Jakarta (ANTARA) - Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengedukasi para pedagang di 10 pasar tradisional yang berada di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mengenai protokol kesehatan.

"Edukasi pedagang pasar ini dilakukan untuk menekan laju penyebaran COVID-19 di pasar-pasar tradisional," ujar Ketua Bidang Relawan Pendukung pada Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Yulius Setiarto di Jakarta, Selasa.

Ke-10 pasar yang menjadi lokasi kegiatan, yaitu Pasar Kemiri Margonda Depok, Pasar Permai dan Pasar Ciplak Jakarta Timur, Pasar Sukasari dan Pasar Gembrong di Kota Bogor.

Kemudian, Pasar Tohaga Cisarua, Kabupaten Bogor, Pasar Bantar Gebang Kota Bekasi, Pasar Setu Kabupaten Bekasi, Pasar Tanah Tinggi Kota Tangerang, Pasar Ceger Tangerang Selatan dan Pasar Bonang Kabupaten Tangerang.

Yulius menambahkan, kegiatan edukasi kepada para pedagang tersebut bekerjasama dengan Pemuda Panca Marga (PPM) dan TNI AD.

Baca juga: Dirut Pasar Jaya ingatkan pedagang konsisten pada protokol kesehatan
Baca juga: Pedagang Pasar Klender tidak percaya rekan mereka positif COVID-19


Setiap tim yang turun ke pasar tradisional, lanjutnya, terdiri atas 10 orang, yakni lima orang relawan, dua personel TNI AD dan tiga orang dari PPM. Total relawan yang turun ke pasar 100 orang dan membagikan 1.000 set bahan kontak.

Para relawan sebelum turun dibekali pengetahuan tentang protokol kesehatan di pasar dan bahan kontak kepada pedagang pasar berupa 100 set masker kain, hand sanitizer, face shield, stiker, poster dan spanduk mengenai protokol kesehatan.

Setelah kegiatan, relawan akan melakukan monitoring kondisi pasar-pasar yang telah dikunjungi untuk mengukur peningkatan ketaatan terhadap protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional.

Selain itu, mereka akan melakukan survei terkait penerapan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional di Jabodetabek. Hasilnya akan dijadikan rekomendasi dan masukan kepada para pemangku kebijakan di pasar untuk menerapkan protokol kesehatan yang efektif di pasar-pasar tradisional.
Baca juga: Pasar Serdang tutup sementara mulai Senin depan
Baca juga: Lima pedagang Pasar Serdang Kemayoran positif COVID-19
Pewarta : Subagyo
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020