Selama ditutup, akan dilakukan sterilisasi berupa penyemprotan disinfektan
Jakarta (ANTARA) - Camat Pasar Minggu Arief Wibowo  mengatakan Terminal Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan ikut ditutup selama tiga hari sehingga aktivitas penumpang akan dialihkan untuk sementara waktu ke luar terminal.

Menurut Arief penutupan terminal terpaksa dilakukan menyusul  penutupan  pasar tradisional Pasar Minggu dalam rangka sterilisasi pencegahan COVID-19.

"Karena terminal terintegrasi dengan Pasar Minggu maka operasionalnya juga ditutup, untuk aktivitas moda tranportasi dialihkan di luar terminal," kata Arief  di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pasar Minggu Jakarta Selatan juga ditutup selama tiga hari mulai Sabtu

Arief menjelaskan, Terminal Pasar Minggu ditutup selama tiga hari terhitung mulai Sabtu (20/6) dini hari hingga 22 Juni 2020.

Selama ditutup, tidak ada aktivitas kendaraan mengangkut atau membawa penumpang di dalam Terminal Pasar Minggu.

"Kita siapkan rekayasa lalu lintas di luar terminal, armada angkutan publik tetap beroperasi tetapi tidak masuk dalam terminal," kata Arief.

Baca juga: Warga padati Pasar Minggu beli kebutuhan lebaran

Rekayasa lalu lintas untuk moda transportasi umum di Terminal Pasar Minggu diatur oleh Suku Dinas Perhubungan, hal ini untuk mengantisipasi kelancaran arus lalu lintas selama penutupan terminal berlangsung.

Penutupan Terminal Pasar Minggu dilakukan menyusul ditemukannya tiga pedagang Pasar Minggu yang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil uji usap yang dilakukan pekan lalu.

Selain Terminal dan Pasar Minggu, penutupan juga dilakukan di Lokasi Binaan (Lokbin) pasar buah Pasar Minggu.

Selama ditutup, akan dilakukan sterilisasi berupa penyemprotan disinfektan di tiga pusat perekonomian tersebut oleh PMI dan Damkar Jakarta Selatan.

Baca juga: Lalu lintas jalan Raya Pasar Minggu padat saat PSBB diperpanjang

Penyemprotan disinfektan dimulai Sabtu besok dari pukul 07.00 sampai dengan 08.00 WIB. Sterilisasi akan dilakukan selama penutupan berlangsung.

Ditutupnya Pasar Minggu beserta terminal dan Lokbin menambah jumlah daftar pasar tradisional yang ditutup di wilayah Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Pasar Kebayoran Lama juga ditutup selama tiga hari dari tanggal 18-20 Juni 2020 karena ditemukan 14 pedagang terkonfirmasi COVID-19.

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat sebanyak 137 pedagang dari 18 pasar tradisional di ibu kota, terinfeksi COVID-19 salah satunya adalah pedagang di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020