Samarinda (ANTARA) - Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur bertambah sebanyak 18 orang berdasarkan info terbaru Dinas Kesehatan wilayah setempat, Kamis.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan saat ini total pasien sembuh COVID-19 di Kaltim mencapai 310 orang,

" Kami bersyukur tren pasien sembuh terus mengalami peningkatan, meski laporan terkonfirmasi positif juga masih mengalami penambahan, ini menandakan kerja optimal tim gugus tugas terlihat membuahkan hasil," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual di Samarinda, Kamis (18/6).

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim tersebut membeberkan tambahan pasien sembuh terbanyak di wilayah Berau 12 dengan Kasus,Kutim 2 Kasus,Paser 1 Kasus dan Balikpapan 3 Kasus.

Andi Muhammad Ishak juga melaporkan adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak delapan orang yang tersebar di sejumlah wilayah di Kaltim.

Andi membeberkan tambahan kasus positif satu orang di Kubar yakni KBR 27 (Laki-laki 28 tahun) merupakan OTG pelaku perjalanan dari Surabaya yang akan bekerja di Kutai Barat Kasus dirawat di RS Siloam Balikpapan.

Kemudian di Kutai Kartanegara sebanyak dua orang yakni KKR 64 (Laki-laki 29 tahun) dan KKR 65 (laki-laki 51 tahun) merupakan kasus OTG kontak erat KKR 63. kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Tambahan lainnya di Kutai Timur sebanyak satu orang yakni KTM 44 (Laki-laki 62 tahun) merupakan kasus PDP warga Kutai Timur yang berobat ke RSUD Taman Husada Bontang dengan hasil rapid test reaktif.

" Pasien Kutim ini dengan Kasus dengan co-morbid Hipertensi, Stroke Hemoragik dan menggunakan ventilator serta dirawat di ruang Isolasi Covid di RSUD Taman Husada Bontang," jelanya.

Sementara tambahan kasus Paser sebanyak satu orang yakni PSR 21 (Laki-laki 43 tahun) merupakan kasus OTG warga Paser yang akan mutasi kerja ke Kutai Kartanegara dan melakukan pemeriksaan Covid-19 di Balikpapan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Temuan kasus lainnya di Bontang sebanyak dua kasus yakni BTG 14 (Laki-laki 51 tahun) merupakan kasus ODP pelaku perjalanan dari Jawa Timur dengan keluhan Demam, batuk, Sesak nafas, serta memiliki gambaran Pneumonia. Kasus dirawat di RS Pupuk Kaltim Bontang.

Satu lainnya yakni BTG 15 (Laki-laki 54 tahun) merupakan kasus ODP pelaku perjalanan dari Jawa Timur dengan keluhan batuk dan sakit kepala. Kasus dirawat di RS Pupuk Kaltim Bontang.

Kasus terakhir terjadi di Samarinda sebanyak satu kasus yakni SMD 64 (Laki-laki 48 tahun) merupakan kasus OTG warga Samarinda yang akan bepergian ke Tarakan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

" Jumlah pasien COVID-19 yang kita tangani sebanyak 405 orang, sebanyak 310 orang sudah dinyatakan sembuh dan empat orang meninggal dunia, sehingga pasien yang masih menjalani perawatan hanya sebanyak 91 orang," tegasnya.

Pewarta: Arumanto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020