Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Rabu (17/6/2020), mulai prediksi Bank Mandiri mengenai pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 yang diperkirakan terkontraksi 3,4 persen, hingga 15 jalan tol yang akan diresmikan.

Berikut rangkuman informasi ekonomi tersebut yang masih layak dibaca pada Kamis pagi ini.

1. Bank Mandiri proyeksikan ekonomi RI kuartal II terkontraksi 3,4 persen

Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Andry Asmoro mengatakan perekonomian Indonesia akan mengalami pertumbuhan terburuk untuk tahun ini yaitu terjadi pada kuartal II yang diproyeksikan terkontraksi hingga 3,4 persen.

Andry menyatakan perkiraan Bank Mandiri terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 tidak jauh berbeda dengan prediksi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yaitu turun 3,1 persen.

Baca selengkapnya di sini

 

2. IHSG ditutup menguat tipis, nyaris 5.000

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu sore, ditutup menguat tipis di bawah level psikologis 5.000.

IHSG ditutup menguat 1,32 poin atau 0,03 persen ke posisi 4.987,78. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak turun 0,57 poin atau 0,07 persen menjadi 775,46.

Baca selengkapnya di sini


3. Bank Mandiri: Permodalan bank RI masih baik di tengah pandemi COVID-19

Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Andry Asmoro menilai permodalan perbankan Indonesia masih dalam kondisi baik di tengah pandemi COVID-19 yang tercermin dari angka Capital Adequacy Ratio (CAR) mencapai 22,33 persen.

Andry menyatakan hal tersebut juga ditunjukkan oleh data dari Statistik Perbankan Indonesia (SPI) yakni kondisi permodalan perbankan nasional merupakan yang terkuat dibandingkan negara ASEAN lainnya.

Baca selengkapnya di sini

 

4. Erick Thohir: Mayoritas CEO besar bilang ekonomi pulih 2022

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Indonesia harus adaptif agar dapat bertahan di masa krisis.

"Survei terakhir mayoritas CEO besar dunia bilang 52 persen ekonomi akan kembali pada kuartal pertama 2022. Ini tentu secara korporasi dan kehidupan masyarakat secara umum berat, maka adaptif perlu dilakukan," ujar Menteri Erick dalam sambutan peresmian stasiun terpadu di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Kementerian PUPR akan meresmikan 15 jalan tol pada 2020

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meresmikan 15 ruas jalan tol pada 2020, dengan lima ruas tol di antaranya siap diresmikan pada Juni-Juli.

"Jalan tol yang siap diresmikan pada 2020 sejumlah 15 ruas sepanjang 297 km," ujar Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Trisasongko Widianto dalam seminar daring di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini


Baca juga: Bank Mandiri: BI punya ruang turunkan suku bunga acuan hingga 50 bps
Baca juga: Sri Mulyani prediksi kuartal II ekonomi RI minus 3,1 persen
Baca juga: Mandiri Sekuritas: IHSG bakal berada level 5.540 pada akhir 2020


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020