Aceh Barat merupakan salah satu daerah yang ditetapkan sebagai zona hijau
Meulaboh (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat menyatakan pelaksanaan seluruh jenjang pendidikan mulai SD hingga SMA/sederajat di daerah ini dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang.

“Alhamdulillah, Aceh Barat merupakan salah satu daerah yang ditetapkan sebagai zona hijau oleh pemerintah pusat melalui Gugus Tugas COVID-19. Sehingga bisa melaksanakan aktivitas pendidikan seperti biasa,” kata Ketua Gugus Tugas COVID-19 Aceh Barat, Irsadi Aristora di Meulaboh, Senin.

Menurutnya, saat memulai proses kegiatan belajar mengajar, nantinya di semua jenjang sekolah di daerah ini diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Diantaranya seperti penyediaan alat cuci tangan, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap siswa, penyediaan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di setiap
ruangan, serta dilakukan penyemprotan disinfektan di setiap ruang kelas.

Hal ini diharapkan nantinya, menjadi protokol bersama saat menjalankan aktivitas kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah.

Baca juga: Mendikbud : Sekolah di zona hijau dibuka dengan sejumlah persyaratan

Baca juga: PGRI sarankan penerapan pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran baru


Irsadi juga menegaskan, untuk menyambut pelaksanaan sekolah perdana pada tanggal 13 Juli mendatang, saat ini semua lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar dan
menengah umum sudah mulai melakukan penerimaan calon siswa baru.

Tentunya, penerimaan tersebut tetap mengacu kepada standar protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah, termasuk ketika berada di lingkungan sekolah, katanya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Meulaboh, Teuku Kamarisal yang ditanyai terpisah mengatakan pihaknya sudah siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara perdana di masa era normal baru pada 13 Juli mendatang, sesuai dengan standar protokol kesehatan pemerintah.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, pihaknya juga sudah menyiapkan prasarana dan sarana yang dibutuhkan terkait protokol kesehatan di sekolah maupun ruang belajar, diantaranya seperti penyediaan sarana cuci tangan, cairan pembersih tangan, alat pemeriksaan suhu tubuh serta sejumlah sarana pendukung lainnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Suhadi di Meulaboh, Senin sore.

Ia mengakui seluruh lembaga pendidikan di tingkat madrasah ibtidayah, tsanawiyah dan madrasah aliyah juga sudah siap memulai kegiatan belajar mengajar pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang, sesuai standar kesehatan anjuran pemerintah.

Bahkan dalam pelaksanaannya, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, agar proses belajar mengajar selama libur pandemi COVID-19 agar dapat sukses serta tidak ada kendala apa pun, harap Suhadi.

Baca juga: Kemendikbud kedepankan kesehatan saat tahun ajaran baru

Baca juga: FSGI minta Mendikbud segera umumkan keputusan tahun ajaran baru

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020