Dua kampung di Mimika berubah jadi zona hijau COVID-19

Dua kampung di Mimika berubah jadi zona hijau COVID-19

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra. (ANTARA/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Dua kampung (desa) di Kabupaten Mimika yang sebelumnya dikategorikan sebagai zona kuning kini berubah menjadi zona hijau dari paparan wabah pandemi COVID-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra di Timika, Jumat malam, mengatakan kedua kampung yang kini sudah kembali menjadi zona hijau yakni Kampung Mimika Gunung di Distrik Kuala Kencana dan Kampung Mandiri Jaya di Distrik Wania.

"Di kedua kampung itu sebelumnya ditemukan ada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 melalui pemeriksaan real time PCR. Sekarang pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh oleh tim medis rumah sakit," kata Reynold.

Berita menggembirakan lainnya, kata Reynold, tiga kelurahan di Mimika yang sebelumnya masuk kategori zona merah kini berubah menjadi zona kuning yaitu Kelurahan Inauga dan Kelurahan Kamoro Jaya di Distrik Wania serta Kelurahan Karang Senang di Distrik Kuala Kencana.

Baca juga: 156 pasien COVID-19 di Mimika dinyatakan sembuh

Baca juga: Tiga pimpinan OPD di Mimika positif terpapar COVID-19


"Situasi hari ini di Mimika, dari enam kampung yang masuk kategori zona merah, kini hanya tersisa empat kampung yang zona merah. Padahal di pertengahan April, terdapat 29 kelurahan dan kampung di Mimika yang terdampak COVID-19, yaitu terdapat delapan kelurahan dan enam kampung zona merah dan 15 kelurahan zona kuning," jelasnya.

Reynold berharap angka kesembuhan pasien COVID-19 yang kini dirawat di dua rumah sakit yaitu RSUD Mimika dan RS Tembagapura terus meningkat sehingga wilayah kelurahan dan kampung serta distrik (kecamatan) yang sebelumnya masuk kategori zona merah dan zona kuning bisa kembali berubah menjadi zona hijau.

Saat ini terdapat tujuh distrik terdampak COVID-19 di Mimika, Mimika Baru, Tembagapura, Wania, Kuala Kencana, Mimika Timur, Kwamki Narama dan Iwaka dengan jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 168 orang.

Rincian pasien COVID-19 yang masih dirawat di rumah sakit berdasarkan alamat distrik yaitu Mimika Baru sebanyak 67 orang, Tembagapura 61 orang, Wania 23 orang, Kuala Kencana 12 orang, Mimika Timur dan Kwamki Narama masing-masing dua orang dan Iwaka satu orang.

Sebanyak 168 pasien itu dirawat di RSUD Mimika sebanyak 107 orang dan 61 orang lainnya dirawat di RS Tembagapura.

Sejak 29 Maret hingga saat ini jumlah kumulatif COVID-19 di Mimika mencapai 330 kasus, dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 156 orang dan enam pasien meninggal dunia.*

Baca juga: Sudah 105 pasien COVID-19 di Mimika dinyatakan sembuh

Baca juga: Warga pedalaman Mimika dilarang ke kota hindari COVID-19
Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020