ULM diharapkan jadi kampus percontohan penerapan Zona Integritas

ULM diharapkan jadi kampus percontohan penerapan Zona Integritas

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ir. Nizam saat mengikuti video converence pencanangan Zona Integritas pada fakultas di lingkungan ULM. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D mengharapkan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tahun 2020 ini dapat menjadi salah satu kampus percontohan penerapan Zona Integritas.

"Saya mengapresiasi pimpinan ULM yang selama ini selalu responsif terhadap kebijakan kementerian. Ingat, spirit melayani dengan hati dan ikhlas harus dimiliki oleh setiap sivitas akademika dalam mewujudkan Zona Integritas," kata Nizam saat mengikuti video converence pencanangan Zona Integritas di lingkungan ULM, Banjarmasin, Jumat, guna mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Prof Nizam menjelaskan, untuk mewujudkan Zona Integritas tidaklah sederhana. Memerlukan sinergi dan komitmen antara pimpinan dan seluruh sivitas akademika. Rektor, dekan, dan seluruh sivitas akademika harus bersinergi dan berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas.

Diingatkan pula, Zona Integritas tidak hanya pada integritas administrasi, tapi juga integritas akademik seperti tidak ada plagiat dan mencontek.

Kemudian juga menjadi kampus yang aman dan nyaman dimana mahasiswa bisa mengembangkan potensi dan bakatnya, kampus yang ramah, tidak eksklusif yang jauh dari perundungan dan pelecehan seksual, sehingga kampus menjadi sumber mata air bagi masyarakat.
Rektor ULM Prof Sutarto Hadi saat sambutannya pada pencanangan Zona Integritas pada fakultas di lingkungan ULM. (ANTARA/Firman)

Sementara Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi menyatakan komitmen dan dukungan pimpinan dalam reformasi birokrasi di lingkungan ULM.

Menurut dia, sejak tahun 2017, ULM sudah mempersiapkan reformasi birokrasi dengan tersusunnya roadmap RB serta peta bisnis di masing-masing unit satker, yang kemudian dilakukan penilaian Zona Integritas tahun 2018.

Dalam sektor pelayanan ULM telah menyusun Standar Pelayan Publik, mengembangkan Silapu dan Sikomplain untuk pelayanan daring serta sudah memiliki Unit Layanan Terpadu (ULT) untuk pelayanan konvensional maupun daring.

ULM selama lima tahun terakhir mendapat penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) karena masuk dalam 10 besar kategori PTN dalam bidang keterbukaan 

Pada kesempatan itu, Sutarto juga telah menyerahkan Piagam Zona Integritas kepada para Dekan dan Direktur Pascasarjana di lingkungan ULM. Mengingat pandemi COVID-19, piagam telah diterima oleh masing-masing fakultas sebelumnya.

Pada pencanangan yang turut diikuti Ketua Senat ULM Prof Gusti Muhammad Hatta itu, Dekan Fakultas Teknik sebagai pemandu acara virtual tersebut mengucapkan terima kasih kepada pimpinan ULM atas kepercayaan kepada Fakultas Teknik untuk menjadi unit kerja strategis dalam menginisiasi pembangungan Zona Integritas.

Fakultas Teknik sendiri sudah banyak meningkatkan standar pelayanan publik dalam rangka menuju WBK dan WBBM. Semua inovasi secara konvensional maupun daring diharapkan mampu membawa perubahan dalam pelayanan publik yang lebih baik di lingkungan kampus tersebut.
Pewarta : Firman
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020