Jakarta (ANTARA) - Alat transfer Google Photo dari Facebook yang pertama kali diumumkan untuk AS dan Kanada pada bulan April, kini tersedia secara global.

Alat transfer tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat salinan semua foto atau video di akun Facebook, dan mentransfernya ke Google Photo yang ditautkan.

Dikutip dari The Verge, Jumat, alat ini telah tersedia terlebih dahulu di sejumlah negara di Afrika, Asia Pasifik dan Amerika Latin pada Desember, dan berkembang ke lebih banyak negara setelah itu.

Baca juga: Facebook buat aplikasi obrolan interaktif, saingi Twitter

Baca juga: Facebook akan mulai verifikasi identitas akun viral


Berikut cara menggunakan alat transfer data di Facebook.

1. Saat masuk ke akun Facebook Anda, klik ikon panah ke bawah di ujung bilah menu atas, dan pilih "Pengaturan."

2. Pilih tab yang bertuliskan "Informasi Facebook Anda."

3. Klik "Transfer salinan Foto atau Video Anda."

Saat ini, pengguna hanya dapat menyimpan foto di Google Photo. Namun, juru bicara Facebook kepada The Verge mengatakan bahwa "orang-orang juga akan dapat mentransfer foto ke perusahaan lain yang bergabung dalam Data Transfer Program."

Inisiatif itu didirikan pada 2018 antara Google, Facebook, Microsoft, dan Twitter, yang dirancang untuk mendorong upaya bersama dalam hal peningkatan alat berbagi data, baik antara perusahaan dan untuk konsumen.

Apple kemudian bergabung dengan upaya open-source tersebut, yang dinamai Data Transfer Project, pada 2019. Namun, belum diketahui pasti kapan Facebook akan menambahkan dukungan untuk layanan lain.

Baca juga: Facebook dan Paypal jadi investor baru Gojek

Baca juga: Karyawan Facebook mogok karena cuitan Trump, Zuckerberg bergeming

Baca juga: Karyawan Facebook "walk out" karena unggahan Presiden Trump

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020