Untuk hari ini di Polda Kepri disebar 10 ribu ikan lele di kolam Polda Kepri
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman mengatakan Polda Kepri melaksanakan program ketahanan pangan pada sektor peternakan sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan nasional di masa tatanan kehidupan normal baru.

"Penyelamatan ketahanan pangan dan jaminan keberlanjutan lingkungan merupakan dua hal yang harus dihadirkan bersama. Dalam kondisi pandemik COVID-19 ini, tantangan semakin berat dalam menghadirkan keduanya sekaligus, di sinilah Polri hadir mendukung program ketahanan pangan Nasional," ujar Irjen Pol Aris Budiman melalui siaran pers, di Jakarta, Kamis.

Hingga 3 Juni 2020, di sektor perikanan dan peternakan, Polda Kepri dan jajaran telah menebar benih ikan dan memelihara hewan ternak sebanyak 344.131 ekor yang terdiri dari 750 ekor ayam kampung, 250 ekor entok, 27 ribu ekor burung puyuh, 8 ribu ikan bawal, 117.230 ikan patin, 8.500 ikan gurami, 135.680 ikan lele, 46.700 ikan nila dan 21 ekor kambing.

Baca juga: Mentan paparkan skema penanggulangan krisis pangan akibat COVID-19

Kemudian di bidang pertanian terdapat lahan seluas 4.181 meter persegi yang ditanami oleh 100 benih terong di lahan 100 meter persegi, 3.630 benih hidroponik di lahan 728 meter persegi, 520 benih jagung di lahan 253 meter persegi, 20.150 benih ubi di lahan 2.100 meter persegi, 100 benih sagu di lahan 1.000 meter persegi dan 50 benih kangkung.

"Untuk hari ini di Polda Kepri disebar 10 ribu ikan lele di kolam Polda Kepri," ujar Aris.

Sementara Wakapolda Kepri Brigjen Pol Darmawan mengatakan kegiatan itu merupakan instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang meminta jajarannya untuk membantu masyarakat terdampak pandemik COVID-19.

Baca juga: Pemerintah segera wujudkan "food estate" baru di daerah transmigran

"Kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Bapak Kapolri yaitu agar polisi membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Dengan dampak COVID-19 ini tentunya akan berakibat pada kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya Polda Kepri adalah dengan menciptakan ketahanan pangan yang akan disebarluaskan kepada masyarakat," tutur Darmawan.

Ia berharap bila terbentuk ketahanan pangan yang kuat, masyarakat akan sejahtera sehingga stabilitas keamanan pun akan terjaga dengan baik.

"Titik fokus kami yaitu menjaga stabilitas keamanan. Insya Allah kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala untuk kedepannya," ujar Wakapolda Kepri.

Baca juga: Presiden Jokowi siapkan 4 insentif bagi petani nelayan jaga pangan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020