...industri akan terus digenjot, tentu dengan penerapan protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berupaya menjaga kinerja ekspor manufaktur terus meningkat di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Kami terus menjaga agar kinerja ini dapat terus meningkat, industri akan terus digenjot, tentu dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Menperin kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Menurut Menperin, beberapa sektor industri bahkan siap memacu kinerja ekspor produknya di antaranya industri otomotif dan industri logam dasar.

“Industri Otomotif sudah bersiap-siap untuk dorong ekspor tahun ini. Lebih lanjut beberapa industri seperti industri logam dasar juga menunjukkan kinerja yang baik awal tahun ini,” ungkap Menperin.

Baca juga: Menperin fokus tingkatkan kinerja manufaktur unggulan ekspor

Baca juga: Mendag pastikan ekspor manufaktur tak terganggu wabah corona


Politisi Partai Golongan Karya tersebut menambahkan Indonesia patut bersyukur karena ekspor pada Januari-April 2020 masih tumbuh tujuh persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, bahkan di tengah suasana pandemi.

“Saya melihat bahwa menggeliatnya pasar ekspor ini sedikit banyak dipengaruhi oleh beberapa negara memutuskan meningkatkan order dari Indonesia karena negara lain menetapkan lockdown sehingga aktivitas Industri terganggu,” ungkap Menperin.

Dengan demikian kinerja ekspor manufaktur ditengarai mampu menjadi penopang perekonomian nasional yang terdampak pandemi.

“Masih bisa sebagai penopang,” pungkas Menperin.

Baca juga: Ekspor naik 10 persen, Menperin sebut industri manufaktur menggeliat
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020